Sagung Antari Jaya Negara
Sagung Antari Jaya Negara Hadiri Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Sasar Dua Lokasi di Kecamatan Dentim. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara nenghadiri Jalan Sehat dan Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung peralihan yang baik dari jenjang PAUD menuju SD ini diselenggarakan oleh Bunda PAUD Kelurahan Sumerta di Halaman Kantor Lurah Sumerta, Minggu (20/8/2023). Usai kegiatan di Kelurahan Sumerta, kegiatan serupa juga digelar di Desa Dangin Puri Kelod yang dipusatkan di Bale Banjar Taman Yangbatu. Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan penandatangan komitmen bersama serta Senam Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Dalam acara ini, Bunda Paud Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Camat Denpasar Timur, I Made Tirana, Bunda PAUD Kecamatan Denpasar Timur, Ny. Wardani Tirana, Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana, Bunda PAUD Kelurahan, Ni Made Dewi Anggraeni dan undangan lainnya.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD Keluarahan Sumerta dan Bunda PAUD Desa Dangin Puri Kelod karena telah melaksanakan kegiatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini. Menurutnya, Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini merupakan salah satu program kerja Bunda PAUD baik Bunda PAUD di kota, desa dan kelurahan.

“Untuk itu saya memberikan apresisi atas pelaksanaan kegiatan ini, karena memang gerakan ini harus digalakan bersama agar terindar dari miskonsepsi dari masyarakat dimana anak-anak masih usia dini tidak di paksakan untuk bisa baca, tulis dan hitung,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gencarkan Pelaksanaan Fogging, Sekda Alit Wiradana Tinjau Fogging di Desa Sidakarya

Ny. Sagung Antari Jaya Negara minta agar Bunda PAUD Desa/Kelurahan agar berkolaborasi bersama dan mendapat dukungan dari orang tua, dinas terkait, komite dan yang terpenting sekolah itu sendiri.  Tidak hanya Sekolah PAUD, peran Sekolah SD juga penting dalam mendukung transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini.

Sementara Bunda Paud Kelurahan, Ni Made Dewi Anggraeni mengatakan, sosialisasi gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang tua. Hal ini utamanya agar tidak khawatir dan cemas saat anaknya masuk sekolah dasar belum bisa baca, tulis dan hitung.

Baca Juga :  Dealer Asia Motor Jalin Keakraban Konsumen Lewat “Stylo Fashion Ride”

“Jika ada anak belum bisa baca tulis hitung maka jangan dihakimi, calistung bukanlah satu-satunya penanda keberhasilan belajar anak di PAUD,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Anak PAUD yang usianya 6 tahun ke bawah itu sebaiknya belum dipaksakan dan tidak diwajibkan bimbingan belajar atau pembelajaran tambahan. Karenanya, pihaknya mengajak semua pihak membangun 6 pondasi dasar pada anak usia dini, sehingga generasi selanjutnya akan menjadi generasi unggul dan berkualitas.

“Maka gerakan transisi ini adalah menyadarkan orang tua bahwa jangan khawatir kurikulum di SD yang memakai kurikulum merdeka tidak memaksakan anak bisa baca tulis hitung,” ujarnya.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Pokja Bunda PAUD Kelurahan Sumerta, I Gusti Ayu Ketut Mertaningsih menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Satuan Pendidikan PAUD dan SD yang berada di wilayah Kelurahan Sumerta, yakni TK Putra Udyana, TK PGRI Kota Denpasar, SDN 1 Sumerta, SDN 10 Sumerta dan SD PGRI Kota Denpasar. Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan seri merdeka belajar ke-24 yang saat ini sedang digalakan.

Baca Juga :  Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Bali Optimis Dengan Semangat “Ngrombo” Kemiskinan Ekstrem di Bali Tuntas

Dimana ada tiga perubahan utama yang diharapkan terjadi untuk menghilangkan miskonsepsi terkait proses kegiatan pembelajaran, yakni pertama menghilangkan adanya tes baca tulis hitung dalam penerimaan peserta didik baru di sekolah dasar, kedua melaksanakan dua minggu pertama masa pengenalan siswa, dan ketiga terjadinya proses pembelajaran yang menyenangkan mulai dari PAUD hingga ke SD.

Kegiatan hari ini menghadirkan kurang lebih 500 peserta jalan sehat yaitu menghadirkan seluruh putra-putri serta orang tua dari TK Putra Udyana dan TK PGRI Kota Denpasar, siswa-siswi kelas 1 beserta pendamping dari 3 sekolah dasar yang berada di Kelurahan Sumerta.

“Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan hari ini juga dilaksanakan melalui kegiatan senam Transisi PAUD ke SD bersama Bunda PAUD dan guru-guru PAUD serta SD di Kelurahan, selain itu juga ada pertunjukan operet bersama anak-anak SD kelas awal serta Bapak/Ibu guru baik,” ungkapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News