Lihadnyana
PJ Bupati Lihadnyana Ajak Anak Muda Tetap Berkarya dan Beradaptasi Dengan Kemajuan Zaman. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.

Hal itu disampaikannya saat ditemui usai memberikan materi dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Tahun 2023 Singaraja di Aula Kampus setempat, Selasa (15/8/2023).

Lihadnyana mengajak seluruh generasi muda khususnya di Buleleng untuk mengisi waktu dalam kegiatan-kegiatan yang positif. Generasi muda harus menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan. Perubahan di dunia terjadi begitu cepat. Sehingga, generasi muda harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri atau beradaptasi agar tidak tertinggal.

“Manfaatkan seluruh potensi, waktu, tenaga dan fasilitas untuk hal-hal yang produktif,” ujarnya.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Gratis 2024, Dishub Buleleng Fasilitasi Ram Check Gratis dan Penanganan Lalu Lintas

Disinggung mengenai pelibatan Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Buleleng untuk pengembangan generasi muda, Pj Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini mengungkapkan saat ini PT telah memiliki program Bidikmisi atau yang sekarang disebut Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Program ini merupakan beasiswa untuk masyarakat miskin. Ini berguna untuk meningkatkan partisipasi kuliah masyarakat yang kurang mampu.

“Dengan begitu mereka bisa berkembang dan meraih masa depan yang lebih baik lagi,” ungkap Lihadnyana.

Baca Juga :  Fokus Peningkatan Kinerja Pemdes, Pemkab Buleleng Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024

Lihadnyana menambahkan, jika daerah atau negara bisa memaksimalkan potensi pendidikan atau generasi mudanya, maka ini akan berpengaruh terhadap kemajuan daerah. Pendidikan membuat potensi generasi muda atau Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi unggul. Dengan SDM yang unggul, daerah juga akan semakin maju.

“Kalau SDMnya meningkat atau maju, menjadi cerminan pula bahwa suatu daerah itu juga maju,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Gede Suwindia memaparkan, bahwa PKKMB tahun 2023 ini diikuti oleh 826 mahasiswa baru. Jumlah tersebut tersebar di 16 program studi. PKKMB berlangsung selama tiga hari dari tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023.

Baca Juga :  Ciptakan Generasi Tangguh dan Mandiri, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

“Saya rasa penyampaian materi dari pak Pj Bupati dalam PKKMB diperlukan untuk membentuk karakter dan disiplin dari mahasiswa baru ini,” paparnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News