IATC
Pebalap Astra Honda Raih Podium Kedua pada Balapan Perdana IATC 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Veda Ega Pratama berhasil meraih podium kedua pada race pertama di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang digelar di Sepang International Circuit, Sabtu (19/8/2023).

Selain Veda, pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) lainnya yakni Reykat Fadilah mampu bersaing ketat dengan menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk bersaing dalam mengukir prestasi.

Pada sesi kualifikasi untuk menentukan grid balapan seri ini, Veda berhasil menempati posisi pertama dengan meraih waktu tercepat 2:17.485 yang didapatkan pada lap ke-4 dengan rentang waktu 0.504 dari pebalap yang menempati posisi kedua. Rekan setim Veda yakni Reykat Fadilah berhasil menempati posisi ke-4 dengan catatan waktu 2:18.427.

Selain itu, Chessy Meilandri menempati posisi ke 12. Hasil ini menjadi bekal yang positif untuk para pebalap mengarungi balapan seri perdana.

Baca Juga :  Kalibrasi Kualitas Edukasi, AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding

Lintasan yang basah di beberapa bagian menjadi tantangan bagi para pebalap untuk menjalani race pertama. Pada awal balapan, Veda berhasil memimpin rombongan terdepan bersama dengan tiga pebalap lainnya untuk perebutan podium hingga pertengahan balapan. Memasuki lap ke-8, Veda saling silih berganti dengan satu pebalap lainnya dalam memimpin balapan. Pada lap pamungkas di tikungan terakhir, pebalap muda ini masih terus berjuang untuk merebut posisi pertama dan hingga akhirnya perjuangan keras pada race hari ini berhasil membuahkan podium kedua.

Tidak mau kalah dengan Veda, Reykat juga berhasil menunjukkan kualitas persaingan balap yang tinggi para race pertama. Reykat yang masuk di rombongan pertama sempat berhasil menempati posisi ketiga hingga posisi pertama pada lap ke-5. Sempat berhasil menjaga jarak dengan pebalap lainnya dan menempati posisi ketiga pada lap ke-7, persaingan yang ketat membuat ia harus puas menempati posisi kelima hingga berakhirnya balapan.  Rekan satu tim Veda dan Reykat yakni Chessy Mailandri, mampu menyelesaikan balapan pertamanya pada ajang IATC musim ini dengan menempati posisi ke 16.

Baca Juga :  Semakin Siap, Arbi Tatap Lagi Kejuaraan Dunia Junior Moto3 di Portugal

“Alhamdullillah, di race 1 ATC putaran sepang ini saya mampu meraih podium ke-2. Saya memulai balap dengan kepercayaan tinggi dan fokus untuk bisa memenangkan balapan. Namun, hasil podium kedua adalah yang terbaik yang bisa saya raih di race 1. Pada race 2 esok hari, saya akan kembali berjuang untuk meraih podium terbaik di Sirkuit Sepang. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Veda.

“Saya memulai balapan dengan baik. Tidak ada kesalahan dalam start awal, tetapi ketatnya persaingan membuat saya kesulitan untuk meraih hasil terbaik walaupun beberapa kali saya mampu memimpin jalannya balapan. Hasil hari ini akan menjadi bahan evaluasi bagi saya untuk menghadapi race 2 besok,” ujar Reykat.

Baca Juga :  Pentingnya Literasi Keuangan Perempuan Bagi Perekonomian Keluarga dan Negara, OJK Gelar Edukasi Keuangan BUNDAKU

“Kondisi cuaca yang berubah dengan cepat menjadi tantangan tersendiri pada balapan pertama saya di IATC. Saya masih kesulitan untuk bisa menembus rombongan depan. Balapan ini memberikan pelajaran berharga bagi saya sebagai pendatang baru di IATC. Pada race 2 besok, saya akan berusaha lebih maksimal lagi,” ujar Chessy.

Balapan kedua akan diselenggarakan esok hari, Minggu (20/8/2023) pada pukul 11.05 WIB dan dapat disaksikan di channel youtube dan facebook Asia Talent Cup.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News