Universitas Mahasaraswati
Melalui Pengabdian Masyarakat, Universitas Mahasaraswati Denpasara Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Lingkungan Sekitar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dalam upaya mewujudkan kebersihan lingkungan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dan siswa-siswi di Kelurahan Kawan, dosen dan mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Salah satu program kerja pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar tahun 2023 di Kelurahan Kawan adalah memberikan penyuluhan tentang cara pemilahan sampah, pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan pupuk kompos serta melakukan pengadaan tempat sampah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, SE., M.Si., dan 27 orang mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar ini penting untuk dilakukan karena masih kurangnya pemahaman serta kesadaran masyarakat dalam melakukan pemilahan sampah serta pengolahan sampah di lingkungan Kelurahan Kawan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam pengadaan tempat sampah dilaksanakan di Balai Banjar Desa Tegalalang, Kabupaten Bangli. Kegiatan penyuluhan mengenai pentingnya melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik dilaksanakan dengan menyasar masyarakat Kelurahan Kawan dan juga siswa-siswi Sekolah Dasar No. 3 Kelurahan Kawan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dibarengi dengan memberikan pelatihan mengenai cara pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos yang baik untuk tumbuhan.

Baca Juga :  MarkPlus Gandeng ITB STIKOM Bali Gelar International Marketing Festival

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar ini diharapkan masyarakat Kelurahan Kawan lebih mengetahui dan memahami pentingnya pemilahan serta pengolahan sampah organik dan anorganik untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari I Gede Dyana Parasara, S.STP., M.Si., selaku Lurah Kelurahan Kawan, yang berterima kasih kepada dosen dan seluruh mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar, karena telah melakukan program kerja yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Kawan.(unmas.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News