Kontingen Raimuna Nasional Tabanan
Lepas Kontingen Raimuna Nasional Tabanan ke Jakarta, Bupati Sanjaya Harapkan Generasi Muda Mampu Maksimalkan Potensi Diri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pramuka sebagai salah satu wadah untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan potensi yang dimiliki diharapkan mampu menjadi motivasi bagi generasi muda di Kabupaten Tabanan agar berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tabanan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, saat melepas secara resmi Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabanan menuju perhelatan akbar perkemahan besar Pramuka Penegak (usia 16-21 tahun) yang bertajuk Raimuna Nasional XII 2023 Jakarta, Rabu (9/8/2023), di halaman depan kantor Bupati Tabanan.

Turut mendampingi Asisten III Setda, Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Tabanan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Tabanan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Tabanan, Kakak-kakak Pengurus Kwartir, Kwartir Ranting, Pembina Pendamping dan Peserta Raimuna Nasional XII serta undangan lainnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan Atas LKPJ TA 2023

Atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kwarcab Pramuka Kabupaten Tabanan yang telah mempersiapkan kontingen Pramuka Tabanan yang akan turut berpatisipasi dalam Raimuna tingkat Nasional XII Tahun ini. Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kepramukaan.

“Saya juga berharap, kegiatan ini bisa kalian jadikan sebagai wahana untuk meningkatkan prestasi adik-adik dalam bidang kepramukaan. Melalui kesempatan ini saya juga berpesan, dalam mengikuti Raimuna XII yang juga merupakan kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega seluruh Indonesia agar senantiasa menjaga sportifitas, kejujuran dalam bertingkah laku serta menjaga nama baik Pramuka Tabanan,” pinta Sanjaya.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

Pihaknya juga meminta agar adik-adik peserta selalu menjaga kesehatan terhadap perubahan iklim. Selain itu, Ia juga sangat meyakini dengan pelatihan selama ini, para peserta bisa mengatasi segala situasi dan dapat meraih prestasi maksimal dalam perhelatan tahun ini, sehingga mampu mengharumkan nama Tabanan di Tingkat Nasional dan tunjukkanlah kemampun dan keterampilan untuk meraih prestasi dan mampu membawa kepramukaan Kabupaten Tabanan berkontribusi dalam mewujudkan visi Pemkab Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Ngurah Darma Utama selaku Ketua Kwarcab Pramuka Tabanan melaporkan, bahwa Raimuna Nasional Gerakan Pramuka adalah Perkemahan Besar Pramuka Penegak yang dikemas dalam kegiatan edukatif di alam terbuka dengan nuansa ceria dibalut dengan persaudaraan dan penuh dedikasi. Guna mencetak Pramuka yang berprestasi sebagai kader pemimpin di masa depan.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Dewa Yadnya Krama Desa Adat Cepik

Sesuai dengan ketentuan Juknis Raimuna Nasional Tahun ini, Kwarcab Tabanan terdiri dari 48 peserta didik penegak (24 orang putra dan 24 orang putri), 12 orang Pinkoncab dan 3 orang Bindamping serta 1 orang tenaga kesehatan yang berasal dari masing-masing Kwartir Ranting se-Kabupaten Tabanan. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta, dari tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2023.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News