Raih Penghargaan
Gubernur Wayan Koster dan Putri Koster Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Sebagai Pemimpin Penggerak Turunkan Stunting. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas prestasi dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana serta Percepatan Penurunan Stunting untuk terwujudnya Keluarga Berkualitas Bahagia dan Sejahtera.

Percepatan penurunan stunting di Provinsi Bali yang dilakukan Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo.

Penghargaan Manggala Karya Kencana sesuai Surat Keputusan Kepala BKKBN, Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) bernomor 118/KEP/G2/2023 ini diserahkan langsung oleh Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora pada Jumat (25/8/2023) di Jaya Sabha, Denpasar serangkaian puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023.

Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan terima kasih kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama semua jajaran, Dinas Kesehatan serta Tim Penggerak PKK Provinsi Bali yang dipimpin oleh Ny. Putri Koster bersinergi dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Bali dan Desa. Sehingga angka stunting di Bali turun dengan cepat.

Baca Juga :  Ratusan Pemudik Kunjungi AHASS Siaga Plus di Jembrana

Untuk diketahui, pada tahun 2022 angka stunting di Bali sudah turun mencapai 8 persen atau jauh dibawah angka stunting nasional. Pada tahun ini, Dirinya targetkan angka stunting di Bali semakin turun, dengan target mencapai 6 persen dan ke depan Kita ingin angka stunting mendekati zero atau nol persen.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster menyampaikan, TP PKK  Provinsi Bali yang dipimpinnya terus berupaya mensosialisasikan pencegahan stunting, memberikan bantuan untuk meningkatkan gizi, serta mengajak orang tua dan calon orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi bagi anak melalui kegiatan Menyapa dan Berbagi ke seluruh  Kabupaten/Kota di Bali bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali  dan Dinas serta Lembaga di Provinsi Bali.

Baca Juga :  Lewat DTIK Festival 2024, Kota Denpasar Terus Dorong Digitalisasi dan Kolaborasi

Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora menyampaikan rasa bangganya terhadap Bali yang dipimpin oleh Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster yang telah bekerja luar biasa dengan membawa Bali sebagai Provinsi angka stunting terendah dan paling bagus di Indonesia. Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan tahun 2022 menunjukkan Bali berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 10,9 persen (SSGI 2021) menjadi 8 persen sekaligus tetap mempertahankan posisi kasus stunting terendah se-Indonesia.

Inspektur Utama BKKBN mengingatkan Bali agar tidak terlena yang mencapai penurunan angka stunting paling terendah di Indonesia. Karena itu, Pihaknya berharap kolaborasi kerja yang sangat baik dari Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster terus berlanjut untuk mengajak seluruh Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota berkomitmen mempercepat penurunan stunting.

Komitmen Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster untuk membawa Bali menuju zero stunting sangat Pihaknya dukung, termasuk mendukung kebijakan Bapak Wayan Koster dengan visi pembangunan Bali yaitu, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesa Berencana menuju Bali Era Baru, khususnya mengenai Pembatasan Timbulan Plastik Sekali Pakai dan Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber untuk mewujudkan lingkungan Bali bersih. Karena lingkungan bersih akan memberi pengaruh terhadap ekosistem kesehatan manusia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News