INKUBATOR BISNIS
Dukung UMKM Pesinggahan Naik Kelas, KKN Unud Fasilitasi Pembuatan Izin Usaha dan Digitalisasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Udayana Desa Pesinggahan melaksanakan kegiatan Inkubator Bisnis dengan tema ‘UMKM Pesinggahan Naik Kelas’ yang dibuka oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Balai Banjar Kanginan Desa Pesinggahan pada Sabtu (19/8/2023).

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya UMKM di Desa Pesinggahan yang belum memiliki legalitas usaha dan belum beradaptasi dengan perkembangan teknologi digitalisasi.

“Perkembangan zaman menjadi tantangan bagi UMKM di Desa Pesinggahan, sudah saatnya UMKM Naik Kelas dengan legalitas usaha dan mulai bertransformasi ke arah digital, dan kami KKN Unud bersama Tenaga Ahli DPR-RI, Wahyu Widiartana telah berhasil membantu 25 UMKM Pesinggahan untuk dibuatkan NIB (Nomor Induk Berusaha),” ucap Gede Arya selaku Koordinator Desa KKN Pesinggahan.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber yang sekaligus memfasilitasi pembuatan NIB untuk UMKM Desa Pesinggahan yaitu Putu Wahyu Widiartana, S.H., M.H., dan narasumber perihal KUR dan QRIS oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali Kabupaten Klungkung.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Pelaku UMKM, Pemerintah Desa Pesinggahan bahkan Bupati Kabupaten Klungkung menyambut baik kegiatan yang di inisiasi oleh KKN Udayana ini.

“Terima Kasih KKN Udayana telah melaksanakan kegiatan ini, acara ini sangat penting, terlihat sederhana membahas UMKM tetapi bila UMKM tidak mampu naik kelas akan tidak bisa bersaing dan pada akhirnya mereka akan bubar atau bangkrut,” tegas Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Inkubator Bisnis ini di akhiri dengan penyerahan simbolis NIB yang telah difasilitasi oleh Putu Wahyu Widiartana, S.H., M.H.

“Terima kasih Bapak Wahyu dan KKN Udayana telah memfasilitasi pembuatan NIB, semoga setelah ini kita bisa bersaing atau adu tender karena telah memiliki legalitas usaha,” ucap Surya Nata pelaku usaha Desa Pesinggahan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News