AMMTC+3
Pelaksanaan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) +3 ke-13, di Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/8/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NTT – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo membuka Rapat Konsultasi ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC)+3 ke-13, dan mengapresiasi komitmen dan kerja sama antara ketiga negara sahabat dengan ASEAN, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (22/8/2023).

“Dunia sedang dihadapkan dengan turbulensi dan ketidakpastian di berbagai bidang. Tidak ada waktu yang lebih tepat dalam mengajak seluruh negara untuk mencari persamaan bukan perbedaan, untuk memacu kerja sama bukan kompetisi,” ungkap Kapolri.

Baca Juga :  Sinergi dan Kolaborasi Membangun Ekonomi Syariah, Puncak Gebyar Ramadan Keuangan Syariah

Menurut Kapolri, kerja sama antarnegara merupakan kunci dalam upaya penanganan kejahatan transnasional. Ia mengatakan, kerja sama ini telah berlangsung 26 tahun dalam berbagai aspek seperti keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

“Oleh karena itu, kita berharap dalam pertemuan ini, dapat membahas aspek potensial untuk memperkuat kerja sama kita menjadi upaya nyata dalam pemberantasan kejahatan lintas negara di kawasan ASEAN dan sekitarnya,” jelasnya.

Ikatan yang telah terjalin kuat ini membuat ASEAN+3 memiliki hubungan dan kerja sama semakin kuat dalam berbagai bentuk. Jenderal Sigit menekankan, partisipasi aktif dan ide-ide dari seluruh negara anggota ASEAN+3 menjadi bagian kontribusi dalam meraih tujuan bersama guna menghadapi tantangan saat ini dan di masa yang akan datang.

Untuk diketahui, Rapat Konsultasi AMMTC+3 ke-13 ini dihadiri delegasi 10 negara anggota ASEAN, Timor Leste, Sekretariat ASEAN, dan rekan delegasi dari Tiongkok, Jepang, dan Republik Korea.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data 17% selama Idul Fitri 1445 H

“Saya Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kapolri sekaligus Ketua AMMTC Indonesia, ingin mengucapkan terima kasih kepada Negara plus three atas komitmennya dalam menjaga kerja sama dengan ASEAN,” imbuhnya.(aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News