Anak
Ilustrasi gambar anak. Sumber Foto : Freepik.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Salah satu tujuan utama setiap orang tua dalam mendidik anak–anaknya adalah membantu mereka menjadi mandiri. Namun, hal itu nyatanya tidak selalu mudah untuk dicapai karena anak terkadang kesulitan untuk bertanggung jawab. Bahkan orangtua juga terkadang kesulitan melepaskan kontrol.

Bagi beberapa orangtua mungkin merasa terdorong untuk selalu Membantu Si Kecil dalam segala hal, termasuk memakaikan mereka baju hingga mengikatkan tali sepatunya. Sebenarnya hal itu tidak selalu baik untuk perkembangan anak.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak yang tepat agar mandiri? Simak penjelasan berikut ini !

  1. Melibatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah

Cara pertama mendidik anak yang tepat agar mandiri adalah dengan melibatkan Si Kecil dalam pekerjaan rumah. Tugas–tugas yang bisa dikerjakan anak tidak harus yang berat, namun disesuaikan dengan usianya. Contohnya, mencuci piring atau membersihkan lantai.

Baca Juga :  JNE Terima Penghargaan Tebar Sejuta Al Quran dari Baitul Maal Hidayatullah

Selain itu, anak juga sudah bisa diajarkan untuk membantu merapikan meja dan kamarnya sendiri. Dengan melibatkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah, maka berarti orang tua telah memberikan rasa tanggung jawab pada anak dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Sebab, Si Kecil menyadari bahwa tugas rumah yang dilakukannya akan bermanfaat bagi keluarganya.

  1. Membiarkan Anak Melakukan Kesalahan

Sejatinya, memberi kesempatan anak untuk berbuat salah akan mengajarkan mereka bagaimana cara agar berhasil dalam kehidupan di masa mendatang. Saat Si Kecil berbuat salah, maka berikan dukungan dan dorongan pada anak untuk merenung dan mencari solusi mengatasinya.

Bunda juga bisa mengajak anak berdiskusi untuk membantu mereka terhindar dari kesalahan di kemudian hari. Karena kesalahan bisa dilihat sebagai kesempatan untuk anak belajar.

  1. Memberi Anak Pilihan

Cara lain yang bisa Bunda lakukan demi mengajarkan anak agar mandiri adalah dengan memberi mereka pilihan dan membuatnya mengambil keputusan yang tepat. Daripada menerapkan peraturan atas segala hal atau terus menerus memberikan jawaban ya atau tidak terhadap pemintaan anak, alangkahbaiknya Bunda memberi anak opsi untuk memilih.

Sebagai contoh, saat anak pulang sekolah, maka Bunda bisa bertanya padanya “Setelah pulang sekolah apa yang mau kamu lakukan? Tidur siang atau bermain bersama teman – teman?.”

Dengan memberikan kesempatan anak untuk memilih dan membuat keputusan sendiri, maka Si Kecil bisa belajar untuk berpikir secara mandiri dan mengalami akibat dari keputusannya sendiri.

  1. Melatih Anak Mengemban Tanggung Jawab
Baca Juga :  ITDC Pertahankan Sertifikasi SNI ISO 37001:2016

Cara mendidik anak yang tepat berikutnya agar mandiri adalah dengan melatihnya bertanggung jawab. Misalnya, Bunda bisa memberikan tanggung jawab kepada anak untuk menjaga kamar tidurnya agar tetap rapi dan bersih. Dengan demikian, anak harus bisa membereskan mainannya sendiri, meletakkan pakaian kotor di keranjang cucian, dan lain sebagainya.

Namun, perlu Bunda perhatikan bahwa tidak boleh terlalu menuntut pada anak, seperti contohnya memaksanya untuk melakukan pekerjaan berat saat anak merasa lelah sebelum tidur.

Kemudian, saat ingin mengingatkan anak atas tugasnya, maka Bunda bisa memintanya untuk melakukannya sembari menyanyikan lagu bersama agar aktivitas menjadi menyenangkan. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News