Upacara Madiksa
Suasana upacara Upacara Madiksa atau Medwijati Ida Bagus Ngurah Purbawijaya dan I Gusti Ayu Ratih Yulianingsih di Griya Kusumayati berlangsung pada Saniscara Pon Wuku Gumbreg, Sabtu (1/7/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Puncak Upacara Madiksa atau Medwijati Ida Bagus Ngurah Purbawijaya dan I Gusti Ayu Ratih Yulianingsih di Griya Kusumayati Pemaron, Yangbatu berlangsung pada Saniscara Pon Wuku Gumbreg, Sabtu (1/7/2023). Puncak upacara tersebut dihadiri undangan dari berbagai kalangan. Mulai dari Ida Pedanda Guru Nabe yakni Ida Pedanda Gede Jungutan Manuaba, Griya Peling Kelodan, Padang Tegal Ubud, Ida Pedanda Guru Waktra yakni Ida Pedanda Ketut Pinatih Pasuruan, Griya Suci Jungutan, Karangasem dan Ida Pedanda Guru Saksi yakni Ida Pedanda Gede Manu Singaraga, Griya Taman Giri, Sangkan Gunung, Sidemen, Karangasem.

Hadir pula Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wali Kota Denpasar Periode Tahun 2008-2021, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, Panglingsir Puri Ubud, Perwakilan Dharmapodesa Pusat, serta undangan lainya.

Baca Juga :  Sosialisasi Safety Riding, Petugas Pengamanan Grup Astra Bali Turut Gaungkan Generasi #Cari_Aman

Diiringi dengan suara gambelan dan kekidungan, rangkaian Puncak Karya Pediksan berlangsung khidmat. Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan surat keputusan dan penyematan Pin Sulinggih oleh Perwakilan Dharmapodesa Pusat.

Welaka Ida Bagus Ngurah Purbawijaya dan I Gusti Ayu Ratih Yulianingsih kini sudah dinobatkan menjadi Ida Sulinggih dengan bhiseka atau pepasih Ida Pedanda Gede Putra Pemaron Mandhara dan Gusti Istri Purbawati.

Prawartaka Karya, Ida Bagus Anom Purbawangsa mengatakan, rangkaian karya mediksa sudah dilaksanakan sejak tanggal 8 Januari lalu yang diawali dengan paguneman Guru Nabe, Guru Waktra dan Guru Saksi. Dilanjutkan dengan Upacara Diksa Pariksa pada tanggal 22 Juni lalu. Sedangkan untuk Puncak Karya dilaksanakan pada Saniscara Pon Wuku Gumbreg, Sabtu (1/7/2023).

Dikatakan Purbawangsa, Puncak Karya diawali dengan Pemendak Guru Nabe pada Jumat (30/6/2023) yang dilanjutkan dengan Upacara Nyeda Raga. Selanjutnya pada Sabtu (1/7/2023) rangkaian dimulai dengan Metangi, Masiram dan Mebusana yang dilanjutkan dengan Upacara Padiksan. Rangkaian puncak karya diakhiri dengan Paungu Atur saking Dharmapodesa Pusat berkenaan dengan abhiseka sang diksita.

Baca Juga :  Ketut Adi Sutrisna dan Adi Setiawan Terpilih Sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI Bali Periode 2024-2028

“Astungkara Karya Padiksan ring Griya Kusumayati Pemaron Yangbatu sudah berjalan lancar, welaka Ida Bagus Ngurah Purbawijaya dan I Gusti Ayu Ratih Yulianingsih kini sudah dinobatkan menjadi Ida Sulinggih dengan bhiseka Ida Pedanda Gede Putra Pemaron Mandhara dan Gusti Istri Purbawati sesuai panugrahan Ida Guru Nabe,” ujarnya.

Untuk diketahui, Ida Bagus Ngurah Purbawijaya yang kini melaksanakan upacara Dwijati atau Pediksan dengan gelar atau pepasih Ida Pedanda Gede Putra Pemaron Mandhara ini merupakan Putra dari Ida Pedanda Gede Pemaron Mandhara, Griya Kusumayati, Pemaron, Yangbatu.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News