MPLS
Wali Kota Jaya Negara Buka MPLS SMP, Wujudkan Merdeka Belajar dan Tingkatkan Kreativitas Siswa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMP dibuka Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Senin (10/7/2023) dipusatkan di SMPN 14 Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, A.A Gede Wiratama, serta OPD terkait Pemkot Denpasar.

Tampak dalam kegiatan tersebut Wali Kota Jaya Negara, Ketua DPRD I Gusti Ngurah Gede dan seluruh undangan bersama-sama melepas burung merpati tanda dibuka MPLS tingkat SMP di Kota Denpasar tahun ajaran 2023/2024. Disamping itu Wali Kota Jaya Negara juga menyematkan tanda pengenal kepada siswa baru kelas VII SMPN 14 Denpasar.

“Harapan kita melalui MPLS dapat mengenali lingkungan sekolah, mewujudkan merdeka belajar serta meningkatkan inovasi dan kretaivitas siswa dilingkungan sekolah yang baru,” ujar Jaya Negara disel-sela kegiatan.

Baca Juga :  Bentuk Kepedulian di Bulan Suci Ramadhan, Dealer Honda Anugerah Utama Motor Kunjungi Panti Asuhan

Lebih lanjut disampaikan pelaksanaan MPLS tahun ini tidak lagi menekankan pada perploncoan, namun terfokus pada kegiatan merdeka belajar untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini juga tidak terlepas dari target 2045 menuju Indonesia sebagai generasi unggul.

Pendidikan yang berkualitas menjadi prioritas utama. Diperlukan peningkatan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masa depan, pengembangan metode pengajaran yang inovatif, dan peningkatan kualitas guru. Investasi dalam penelitian dan pengembangan pendidikan juga penting untuk memastikan bahwa generasi mendatang memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang semakin kompleks. Program ini juga dikolaborasikan bersama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa sekolah negeri maupun swasta.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Pimpin Apel Hari Otonomi Daerah Ke-28 di Kantor Gubernur Bali

“MPLS tidak lagi hukum menghukum, namun lebih pada meningkatkan kreativitas siswa yang tentu tidak kita ragukan lagi tingkat kemampuan para siswa saat ini terlebih dalam hal teknologi informasi,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Denpasar, A.A Gede Wiratama menyampaikan masa pengenalan lingkungan sekolah adalah periode awal di mana siswa baru diperkenalkan dengan lingkungan sekolah mereka. Ini adalah waktu yang penting untuk membantu siswa merasa nyaman, akrab, dan terhubung dengan sekolah mereka. Pelaksanaan MPLS di Kota Denpasar bagi siswa kelas VII SMP Negeri dan Swasta yang melibatkan pengurus OSIS, guru serta seluruh instansi terkait. Pelaksanana MPLS berlangsung dari tanggal 10-12 Juli 2023 dan pada tanggal 13 Juli dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial di lingkungan sekolah.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

“Pelaksanaan MPLS tahun ini berlangsung dengan kegiatan yabg menyenangkan dan meningkatkna kreatifitas siswa baru, serta diharapkan dapat memberikan pengalaman awal yang baik bagi siswa baru kelas VII,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News