Calon Mahasiswa Jalur CBT-UM 2023
UGM Terima 4.387 Calon Mahasiswa Jalur CBT-UM 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima 4.387 calon mahasiswa melalui jalur seleksi Ujian Mandiri Computer Based Test (UM-CBT) UGM tahun 2023. Hasil seleksi melalui jalur ini telah dirilis pada Kamis (13/7/2023) Pukul 16.00 WIB.

Dari 4.387 calon mahasiswa yang diterima terdiri dari 3.530 calon mahasiswa Program Sarjana dan 857 calon mahasiswa Program Sarjana Terapan.

“Selamat kepada seluruh calon mahasiswa yang telah diterima di UGM melalui jalur UM CBT. Sementara bagi yang belum diterima, tetap semangat untuk terus membangun diri dan bisa mengulang lagi tahun depan atau kuliah di perguruan tinggi lain karena pendidikan tetap harus berjalan,” ucap Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA., Kamis (13/7/2023) di UGM.

Wening menyampaikan, lima prodi sarjana bidang Saintek dengan tingkat selektivitas tertinggi yaitu S1 Kedokteran, S1 Teknologi Informasi, S1 Kedokteran Gigi, S1 Ilmu Komputer dan S1 Ilmu Komputer.

Baca Juga :  Kolaborasi Program Desa dan Program Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Unmas Denpasar dalam Melaksanakan Blahbatuh Fullmoon sebagai Wadah Seniman di Desa Blahbatuh

Pada program Sarjana kelompok Soshum, selektivitas tertinggi ada pada S1 Ilmu Komunikasi, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Manajemen, S1 Ilmu Hubungan Internasional dan S1 Psikologi.

Sementara itu, untuk 5 prodi Sarjana Terapan bidang Saintek dengan selektivitas tertinggi meliputi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Sarjana Terapan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, Sarjana Terapan Pengelolaan Hutan, serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil.

Untuk prodi Sarjana Terapan bidang Soshum dengan selektivitas tertinggi, yaitu Sarjana Terapan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti, Sarjana Terapan Akuntasi Sektor Publik, Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur UM CBT UGM wajib mempersiapkan dokumen dan memindai menjadi file untuk keperluan registrasi dalam format pdf berukuran 200-800 KB perdokumen. Selanjutnya melengkapi biodata dan menunggah dokumen melalui laman simaster.ugm.ac.id mulai tanggal 15 Juli Pukul 15.00 WIB hingga 21 Juli 2023 Pukul 23.59 WIB. Selanjutnya, melihat hasil verifikasi dokumen registrasi di akun SIMASTER masing-masing lalu mengikuti rangkaian mulai tanggal 24 Juli Pukul 15.00 WIB sampai 27 Juli 2023 Pukul 22.00 WIB. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman um.ugm.ac.id.

Baca Juga :  OJK dan MUI Sepakat Tingkatkan Kerja Sama, Dorong Penguatan Sektor Keuangan Syariah

Ujian mandiri dengan sistem Computer Based Test merupakan jalur terakhir dalam penerimaan mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan. Sebelumnya, UGM juga telah menerima 2.802 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 2.826 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News