Safety Riding
Sinergi Astra Motor, Polda Bali dan Jasa Raharja Bentuk Agen Safety Riding #Cari_Aman. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai bentuk komitmen kuat Astra Motor Bali untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan keselamatan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor, Rabu (12/7/2023) Astra Motor Bali berkolaborasi dengan Polda Bali dan juga Jasa Raharja Bali membentuk agen safety riding. Diikuti oleh 50 peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Udayana segala jurusan pelaksanaan edukasi safety riding #Cari_Aman dilaksanakan di Gedung Jasa Raharja, Denpasar.

Dalam sosialisasi yang dibawakan oleh Kasubdit Kamsel Polda Bali, Kompol Loduwyk Tapilaha, S.I.K., M.H., memberikan data terbaru kejadian kecelakaan yanag meningkat di semester yang sama yaitu semester satu di tahun lalu (2022, red) dengan data tahun 2023. Dari data tersebut angka kecelakaan tertinggi ada pada pengemudi sepeda motor dan jenis pelanggaran paling banyak dilakukan karena pengendara tidak memakai helm, tidak melengkapi surat-surat dan menggunakan plat (TNKB) palsu.

Baca Juga :  Dari Gebyar Literasi Kecamatan Denpasar Timur, Antari Jaya Negara : Manfaatkan Literasi Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berkendara dan mentaati lalu lintas. Kejadian kecelakaan di jalan banyak disebabkan karena faktor manusia, untuk itu pengetahuan tentang safety riding sebagai salah satu upaya untuk pencegahan dini yang dimulai dari diri sendiri,” ucapnya.

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius dalam materi yang disampaikan terkait teori tentang #Cari_Aman, pengetahuan berkendara dasar dan belajar memprediksi bahaya saat berkendara dan memberikan demonstrasi pengecekan berkendara, serta pengereman kombinasi yang benar dan tehnik menikung yang aman.

Baca Juga :  Cerita Aliman, Wisudawan Terbaik FEB UGM, Pinjam Laptop untuk Skripsi

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan, Honda sebagai pelopor keselamatan berkendara memiliki tanggung jawab tidak hanya sosialisasi maupun edukasi namun preventif pencegahan kecelakaan melalui edukasi safety riding secara konsisten terus dilakukan ke semua kalangan dan berkolaborasi untuk membentuk agen-agen safety riding.

“Melalui program Sinergi Bagi Negeri, kami berharap kolaborasi antara Astra Motor Bali dengan Polda Bali serta Jasa Raharja akan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat Bali terutama untuk membangun dispilin berlalulintas saat berkendara dan juga #Cari_Aman dimananpun berada yang mana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tapi juga seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Iswahyudi.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Lomba Gelora Pekan Budaya Pelajar SD, Upaya Menjaring Bibit Penerus Pelestari Budaya Bali

Pada kesempatan itu pula Abubakar Aljufri selaku Kepala Cabang Jasa Raharja Bali dalam sambutannya menyampaikan, kolaborasi ini merupakan salah satu upaya sinergi bersama-sama untuk tujuan keselamatan berkendara.

“Kami akan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk saling mendukung, meningkatkan, dan mengembangkan program edukasi keselamatan berkendara, khususnya di kalangan mahasiswa dan para pekerja yang aktif menggunakan sepeda motor,” ungkapnya.

Di akhir sesi dilakukan peresmian membentuk agen safety riding yang akan membantu pihak Jasa Raharja dalam agenda sosialisasi secara berkelanjutan terkait keselamatan berkendara dan berlalu lintas.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News