MPLS
Semarak Kegiatan MPLS, Siswa SMK PGRI 2 Badung Diajak Kunjungan Industri ke Astra Motor Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang disesuaikan dengan agenda sekolah. Berbagai kegiatan positif sebagai motivasi bagi siswa tahun ajaran baru untuk lebih percaya diri memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Begitu juga dengan salah satu SMK binaan Astra Motor Bali, SMK PGRI 2 Badung yang melakukan kegiatan berbeda yaitu melakukan kegiatan MPLS selain di lingkungan sekolah juga melakukan kegiatan kunjungan industri ke Astra Motor Bali, Jumat (14/7/2023).

Kegiatan yang mengajak 300 siswa baru dari 3 kelas X berkesempatan mengunjungi showroom, serta bengkel di Astra Cokroaminoto. Dalam kunjungan industri ini siswa dapat mengetahui lebih luas sistem transaksi sepeda motor Honda, perkembangan industri otomotif, sistem pemeliharaan serta suku cadang asli Honda dan bagaimana kedisiplinan bekerja dalam dunia industry.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Gelar Pelatihan Bahasa Bali, Tingkatkan Minat Generasi Muda Pelajari Bahasa Bali

Sebelumnya seluruh siswa mendapatkan pengetahuan program pendidikan vokasi yang dijalankan untuk siswa SMK diantaranya Satu Hati Education Program. Program pengayaan edukasi dan sharing knowledge terkait teknologi dan perkembangan motor untuk memastikan berjalannya sistem pendidikan link and match antara Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Selain itu, untuk mewujudkan wirausaha muda di dunia bengkel motor, juga dikenalkan program Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP) yang merupakan program tahap lanjutan bagi alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang telah memiliki usaha bengkel motor secara mandiri yang akan mendapatkan support dari program yang berjalan.

Dalam kunjungan yang dipandu oleh PIC SHEP (Satu Hati Education Program) officer main dealer, Made Putra, menjelaskan kunjungan dalam rangkaian MPLS ini merupakan kegiatan yang sangat positif, siswa SMK PGRI 2 Badung ajak berkeliling dan siswa terlihat bersemangat serta berharap hasil kegiatan ini dapat menambah pengetahuan, pengalaman sekaligus melihat langsung kegiatan pendukung bisnis Astra Motor Bali.

Dalam peningkatan dan pengayaan pengetahuan dan keterampilan guru, sesuai dengan program kurikulum tehnik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda, siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja lapangan (PKL) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Baca Juga :  Indonesia Siap Sambut Para Pemimpin Negara, Menteri dan Delegasi World Water Forum ke-10

Manager SHEP Astra Motor Bali, Achmad Wahyudi Irmono menyebutkan, kunjungan industri saat MPLS sangat bagus untuk pengenalan sejak dini siswa-siswa TBSM agar mendapatkan gambaran apabila nanti ingin mengambil salah satu jurusan di sekolah.

“Dengan Semangat Bagi Negeri, kami berkolaborasi dengan SMK Binaan Astra Honda dan merupakan komitmen kami dalam turut mendukung peningkatan dalam dunia Pendidikan, kami berupaya terus memperkuat sinergi dalam beragam aktivitas bersama-sama untuk peningkatan keahlian siswa dan guru seperti uji kompetensi guru, seminar teknologi, safety riding. Dengan kegiatan untuk mengisi MPLS, semoga siswa mendapatkan pengetahuan baru dan semangat untuk melakukan pilihan jurusan sesuai keinginan masing-masing,” ungkap Achmad Wahyudi Irmono.

Baca Juga :  DPD Gerindra Bali Belum Putuskan Calon Gubernur untuk Pilgub 2024

Di akhir kunjungan seluruh siswa melakukan dokumentasi bersama-sama dengan Astra Motor Bali.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News