DLGA
Sekda Denpasar, IB Alit Wiradana mengikuti proses pemaparan dan penilaian materi finalis Digital Leadership Government Awards (DLGA) Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (21/7/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Kota Denpasar masuk ke dalam jajaran finalis Digital Leadership Government Awards (DLGA) Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Tahun 2023 terkait penerapan Digital Government kategori kota bersama dua kota di Jawa Tengah yakni Kota Semarang dan Kota Surakarta.

Pada Jumat (21/7/2023) dilaksanakan proses pemaparan dan penilaian materi di Hotel Swiss-Belresidences, Kalibata, Jakarta Selatan. Acara pemaparan dipimpin Ketua ASKOMPSI, H. Muhammad Faisal dan dimoderatori oleh Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Ir. Eddy Santoso.

Kota Denpasar hadir diwakili Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana didampingi Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Kota Denpasar, Gde Wirakusuma Wahyudi dan Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik, Dewa Rama.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana dalam paparannya mengatakan untuk mewujudkan visi misi Kepemimpinan Digital perlu keterlibatan dan pemahaman ASN dalam menjalankan program melalui pengarahan dan kontroling serta membangun pondasi berupa pedoman tata kelola berbentuk regulasi transformasi digital yaitu Perwali tentang SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) dan Perwali Smart City.

Baca Juga :  Sebagai Ajang Pelestarian Budaya, Wawali Arya Wibawa Buka Sempol Festival 2024

“Menjalankan    Strategi Kepemimpinan Digital dengan membagi dua layanan yakni Front Office yaitu semua aplikasi layanan publik terpadu dalam Super Application DPS (Denpasar Prama Sewaka) yang berisi fitur lintas OPD serta Layanan Back Office dalam DIVOS (Denpasar Integrated Virtual Office) yang berisi aplikasi internal Pemkot Denpasar seperti Surat Menyurat Elektronik (e-surat), Kinerja dan Absensi Pegawai (Simak Dihati), Progress Anggaran dan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam DPS saat ini yang paling popular di masyarakat adalah Layanan Pengaduan. Melalui aplikasi DPS pengaduan masyarakat bisa direspon dan ditangani dengan cepat. Tercatat rata-rata penanganan pengaduan oleh OPD adalah 1 hari dari batas waktu 7 hari sesuai Perwali.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Raih Penghargaan dari KPK RI, Sukses Tertibkan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan Terbanyak Tahun 2023

“Kami mempunyai Dashboard untuk memantau dan mengontrol kedua layanan publik dan layanan internal tersebut,” ucapnya.

Selain itu, dalam menjalankan Kepemimpinan Digital diperlukan dukungan SDM yang memiliki kompetensi digital memadai. Dalam mewjudkan SDM Digital, Pemkot Denpasar membangun kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, Pemda, Perguruan Tinggi, Komunitas dan Praktisi dalam berbagai skema. Antara lain Digital Talents Scholarship (DTS), Digital Leadership Academy (DLA) dan lainnya.

Dalam menjawab permasalahan perkotaan, selain melaksanakan Transformasi Digital pihaknya juga terus melakukan inovasi dan berpartisipasi dalam berbagai kompetisi membangun inovasi. Antara lain ikut serta dalam IGA (Innovative Government Award), KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik/Sinovik) serta terus mengembangkan DPS sebagai inovasi unggulan Pemkot Denpasar, kerja sama luar negeri seperti dengan Kota Darwin Australia, Kota Mossel Bay Afrika, British College untuk peningkatan perekonomian, ketenagakerjaan, pendidikan dan pariwisata, kerjasama antar pemda dalam penanganan Inflasi, kerja sama dengan Komunitas/Kelompok Masyarakat seperti Dewan Smart City, Relawan TIK, Mafindo dan lainnya.

Baca Juga :  Ketua WHDI Kota Denpasar Buka Pelatihan Membuat Banten Otonan di Banjar Tegal Kuwalon

Sementara itu Ketua ASKOMPSI, H. Muhammad Faisal mengatakan pelaksanaan Digital Leadership Government Awards ASKOMPSI tahun 2023 ini dalam rangka mendorong percepatan terwujudnya Transformasi Digital di daerah dan sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan serupa pada tahun 2022 lalu.

“Berdasarkan hasil penilaian dari tim penilai ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023 telah ditetapkan beberapa daerah sebagai finalis dalam tiga kategori yaitu kategori Provinsi, Kabupaten dan Kota. Proses penilaian telah dimulai sejak akhir bulan Juni dan penyerahan penghargaan akan dilaksanakan pada 27 Juli 2023,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News