Festival Jatiluwih Ke-4
Sajikan Tampilan Khas dan Unik, Bupati Sanjaya Harap Festival Jatiluwih Ke-4 Mampu Dongkrak Kunjungan Wisatawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Ada yang menarik saat Bupati Tabanan, Dr. Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M, membuka Festival ke-4 Jatiluwih yang diselenggarakan di DTW Jatiluwih, Desa Jatiluwih, Penebel Tabanan, Sabtu (22/7/2023). Rombongan Bupati Tabanan disambut tampilan Tari Rejang Kesari, Tebug Lesung dan ciri khas kehidupan pertanian yaitu metekap yang diyakini mampu mensukseskan event bergengsi ini sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jatiluwih.

Turut mendampingi Bupati saat itu Ketua DPRD dan salah satu anggota, jajaran Forkopimda Tabanan atau yang mewakili, Sekda, Kepala OPD terkait, Kepala Instansi Vertikal dan BUMD di Tabanan serta undangan lainnya, turun di pos informasi menuju sawah tempat metekap, diiringi alunan beleganjur.

Bupati Sanjaya sangat menyambut baik terselenggaranya Festival Jatiluwih yang ke-4 ini, karena tanpa kegiatan ajang promosi, sebagus apapun obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Tabanan tidak akan mampu optimal. Bahkan Sanjaya mengatakan, produk-produk makanan ataupun minuman yang sudah terkenal di kalangan masyarakat, sampai saat ini masih terus dipromosikan.

“Sama halnya dengan Festival Jatiluwih ini, sebagus apapun obyek Jatiluwih ini, Tanah Lot, maupun Ulundanu Beratan, selalu kita promosikan lagi. Salah satu caranya adalah dengan cara membuat event seperti hari ini yang kita sebut Festival Jatiluwih ini. Tepuk tangan dulu buat Festival Jatiluwih ini,” pinta Sanjaya disambut meriah dari seluruh hadirin.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Pitra Yadnya Ring Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung Penebel

Orang nomor satu di Tabanan juga menegaskan, bahwa Pemkab Tabanan akan selalu menyupport dan mendukung setiap kegiatan yang bertujuan sebagai ajang promosi wisata ataupun untuk kesejahteraan masyarakat. Apalagi di Kabupaten Tabanan di karuniai alam yang indah serta terdapat berbagai potensi dan destinasi wisata yang sangat menarik, sehingga hal ini ditekankannya harus dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita memiliki 3 Obyek wisata unggulan di Tabanan. Yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah Tanah Lot, yang kedua obyek wisata Ulun Danu, yang ketiga adalah Jatiluwih. Ketiga-tiganya memiliki kearifan lokal dan potensi yang berbeda-beda, semuanya memiliki keunggulan. Sebenarnya, semuanya hebat-hebat, bagus-bagus, bahkan Presiden Obama pernah datang ke Jatiluwih. Ini artinya obyek wisata kita tidak main-main,” ujar Sanjaya.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Tabanan Laksanakan Studi Tiru Pola Keamanan Terpadu di Kabupaten Bantul

Untuk itu, Sanjaya meminta kepada seluruh pihak terkait agar bersama-sama berupaya untuk meningkatkan kualitas obyek-obyek wisata yang ada di Tabanan, termasuk terkait penataan infrastruktur. Sanjaya sangat meyakini, bahwa obyek wisata yang baik adalah obyek wisata yang bagus penataan infrastrukturnya, terutama tempat parkir hingga manajemennya, sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi para pelaku wisata serta para wisatawan.

Sementara, Plt. Kepala DTW Jatiluwih Alitoya Winaya menyampaikan, bahwa anggaran dana dari festival ini dari dana promosi yang dimiliki oleh DTW, kemudian dana pendampingan dari Kementerian Pariwisata, peran serta Desa Adat, Desa Dinas dan Masyarakat, serta untuk festival ini diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 22 hingga 23 Juli 2023.

Baca Juga :  Manjakan Diri di Mamaka by Ovolo, Bersantai dan Nikmati Senja yang Spektakuler

Dimana dalam festival ini menampilkan tebug lesung yang merupakan tradisi turun temurun di Desa Adat setempat dan kesenian dan kebudayaan lainnya. Untuk tempat parkir, pihaknya mengatakan telah berkoordinasi dengan semua pihak, baik pemilik warung, restoran di wilayah objek untuk diajak kerjasama guna memperlancar perjalanan wisatawan. Rencana kedepan, akan direncanakan pembuatan tempat parkir dan masih dikaji untuk peningkatan DTW.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News