Berbelanja dan Berbagi
Sagung Antari Jaya Negara Hadiri Pasar Rakyat PKK "Berbelanja dan Berbagi" di Kabupaten Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai wujud sinergitas dan solidaritas PKK se-Bali, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri Pasar Rakyat TP PKK Provinsi Bali yang bersinergi dengan TP PKK Kabupaten Tabanan dengan tema “Berbelanja dan Berbagi” di area Gedung Maria, Kabupaten Tabanan, Selasa (18/7/2023).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana serta para Ketua TP PKK Kabupaten se-Bali lainnya.

Tak jauh berbeda seperti Pasar Rakyat TP PKK sebelumnya, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan paket bantuan kepada ratusan warga Kabupaten Tabanan.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Ny. Antari Jaya Negara mengungkapkan, pasar rakyat ini adalah wujud kepedulian dan gotong-royong Tim Penggerak PKK kepada masyarakat. Sehingga ke depannya, sinergitas lintas kabupaten/kota dalam mendukung kemajuan UMKM dapat terwujud.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

“Pasar Rakyat ini merupakan bentuk kepedulian dan gotong-royong, dari kita untuk masyarakat kita. Dimana dalam hal ini ada usaha-usaha yang dilakukan untuk membudayakan prinsip berbelanja kemudian berbagi, terutama bagi warga yang membutuhkan,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menyebutkan dalam laporannya, setidaknya terdapat 81 stand pedagang yang merupakan IKM/UMKM dan pengrajin Kabupaten Tabanan terlibat dalam kegiatan ini.

Aneka ragam produk hasil pertanian, perikanan, dan kelautan, seperti daging, ikan, telur, beras, sayur mayur, bumbu dan buah-buahan dijual disini.

Selain itu, beberapa produk hasil Hatinya PKK, UP2K PKK serta hasil kerajinan masyarakat dan beberapa produk khas lainnya juga dijajakan di sini.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Putri Koster yang telah mempelopori pelaksanaan Pasar Rakyat ini. Kita tentu harapkan, manfaat kegiatan ini akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Di lain sisi, dalam arahannya Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengatakan, kegiatan Pasar Rakyat yang diinisiasi sejak masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan dapat membantu kelompok tani/IKM/UMKM dalam memasarkan produk-produknya.

“Pasar Rakyat ini kita inisiasi sejak masa pandemi Covid-19, dan hingga saat ini pelaksanaanya terus dilakukan secara bergilir di seluruh kabupaten/kota se-Bali. Aksi ini juga merupakan salah satu bentuk wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali. Untuk itu, saya harapkan koordinasi dan sinergitas tetap dilaksanakan dalam setiap kegiatan TP PKK,” ujar Ny. Putri Koster.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Pada kesempatan ini, Ny. Putri Koster juga menyebut, gerakan PKK adalah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat. Sehingga mampu mendukung terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, kesadaran hukum dan lingkungan.

“Ini salah satu tugas dari para Ketua TP PKK agar terus menggerakan masyarakat, agar keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat dapat terwujud,” tegas Ny. Putri Koster.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News