Jalan
Ruas Jalan Lingkungan Bakung Sukasada Diperbaiki Akhir Juli 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) merespon cepat atas kejadian jalan yang hampir putus pada bulan Januari lalu akibat hujan deras di lokasi Lingkungan Bakung, Kelurahan Sukasada, Buleleng-Bali. Mulai dari pengamanan ruas jalan saat kejadian, pemberian jalur alternatif mobil, serta pembuatan jalan untuk pejalan kaki dan sepeda motor yang dibantu oleh masyarakat sekitar secara gotong royong.

“Astungkara jalan strategis yang menghubungkan desa Padang Bulia, Petandakan, Sari Mekar dan Bakung sendiri pengerjaannya jika tidak ada halangan akan dilakukan akhir bulan Juli tahun 2023 ini. Saat ini tahap pemilihan penyedia karena telah selesai proses detail engineering design (DED) dan ditargetkan selesai bulan Oktober atau Nopember 2023,” ungkap Kadis PUTR, Putu Adipta Eka Putra menanggapi pertanyaan masyarakat di ruang kerjanya, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga :  Lihadnyana Yakinkan MenpanRB, Pemkab Buleleng Mampu Wujudkan Birokrasi Berdampak

Lebih jauh jelas Kadis Adiptha, bahwasannya time line pengerjaannya jalan sekitar 4 bulan dengan anggaran dari APBD Pemkab. Buleleng sebesar Rp1 miliar.

“Panjang jalan 30 meter dengan lebar 6 meter. Sebelumnya akan dibuatkan box culvert sejenis beton dibawah sebagai saluran air lalu ditimbun dengan tanah dipadatkan lalu di aspal,” jelasnya.

Diharapkan saat pengerjaan masyarakat untuk maklum karena akses jalan itu akan ditutup untuk sepeda motor sedangkan pejalan kaki akan dibuatkan jalan alternatif.

“Kami harap pula saat kontruksi dan pada saat selesai agar turut serta memelihara, jika nantinya ada permasalahan di lapangan cepat dilaporkan kepada kami agar hasilnya maksimal,” pintanya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Segera Cairkan Dana Pengamanan Pemilukada Serentak 2024

Ditambahkan pula oleh Kadis Adiptha untuk pengerjaannya akan digunakan tenaga lokal masyarakat lingkungan Bakung sehingga akan menambah sumber pendapatan masyarakat. Tidak lupa Kadis Adiptha mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sekitar.

“Saya ucapkan terimakasih kepada tokoh masyarakat, Kelian Adat, Lurah dan masyarakat¬† lingkungan Bakung dan sekitarnya atas dukungan, kerjasama, antusiasme saat kejadian beberapa waktu lalu yang secara swadaya¬† membantu bergotong royong untuk mengamankan lokasi, membuat jalan alternatif,” pungkasnya.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News