Sanfest
Pemkot Denpasar Dukung Gelaran Sanfest Ke-16, Diharapakan Dongkrak Kunjungan Wisatawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar mendukung penuh gelaran Sanur Village Festival (Sanfest) ke-16 Tahun 2023. Dimana, gelaran tahunan ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan di Kota Denpasar. Demikian diungkapkan Plt. Kadis Pariwisata Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati di Denpasar, Jumat (14/7/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan Sanfest ini merupakan momentum lanjutan untuk kembali mendukung pemulihan pariwisata Bali, khususnya Kota Denpasar. Sehingga secara berkelanjutan dapat mendukung pemulihan ekonomi dan pendapatan daerah.

“Pemerintah Kota Denpasar mendukung terselenggaranya Sanur Village Festival ke-16 yang mengangkat tema ‘Amrta Sagara’, momentum ini merupakan gayung bersambut pemulihan pariwisata dan ekonomi berkelanjutan,” ujarnya.

Dikatakan Laxmy, Sanur Village Festival (Festival Desa Sanur) pertama kali digagas pada tahun 2005 dengan tujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pariwisata. Festival yang digelar di Kawasan Pesisir Sanur ini menjadi ruang untuk menjembatani antara gerak masyarakat, baik dalam program yang bertumpu pada kehidupan pantai maupun pariwisata.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Lokasabha V PHDI Kota Denpasar, Gelorakan Sepirit Vasudhaiva Kutumbakam Berikan Pelayanan Bagi Umat Hindu

Sanur, yang terkenal dengan keindahan pantai dengan panorama matahari terbit yang menawan selalu menjadi pemikat bagi wisatawan lokal maupun internasional untuk berkunjung. Awalnya, di tahun 1932 seorang seniman asal Belgia bernama Adrean Jean Majeor The Markpres singgah di Pulau Bali, seniman tersebut menikahi gadis Bali bernama Ni Nyoman Polok. Seniman ini menuangkan Pantai Sanur dalam karya-karyanya yang kemudian di pamerkan hingga mancanegara.

“Sejak saat itu, pantai dengan ombak tenang ini mulai dikenal masyarakat luar. Dan bahkan saking indahnya panorama pantai Sanur saat matahari terbit, Perdana Menteri pertama India, Jawaharlal Nehru menjuluki Sanur sebagai Morning of The World,” jelasnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Explora FBTSH Universitas Bali International

Pihaknya menambahkan, Festival desa bertaraf internasional yang akan berlangsung 19–23 Juli 2023 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar ini terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti beach activities, international kite & Bali kite competition, cultural show, music performances, food festival, dan art exhibition.

“Tentunya Pemerintah Kota Denpasar sesuai dengan Visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Sanur Village Festival ini, yang juga sekaligus mendukung pengembangan pariwisata di Kota Denpasar,” ujar Laxmy Saraswati.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News