unud
Mahasiswi Unud  Meraih Prestasi Gemilang dalam Kejuaraan Sains Nasional dan Kompetisi Pidato Bahasa Inggris. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana dengan bangga mengumumkan prestasi gemilang salah satu mahasiswinya yang terbaik, Ni Putu Dyamona Sylva, dari program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya. Mahasiswi berbakat ini berhasil meraih medali Emas dalam Kejuaraan Sains Nasional 2023 dan Juara III pada kompetisi Pidato Bahasa Inggris dalam kegiatan Pekan Ilmiah dan Seni Mahasiswa (PISMA) VII Nasional 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PSM UNWIRA Kupang untuk PISMA VII dan Pusat Kejuaraan Sains Nasional (PUSKANAS) untuk Kejuaraan Sains Nasional (KSN).

Kompetisi PISMA VII Nasional 2023 berlangsung dari tanggal 25 Maret hingga 06 Mei 2023 dengan peserta dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Lomba pidato bahasa Inggris merupakan salah satu bidang lomba yang diadakan, dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 30 mahasiswa berbakat dari perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan kompetisi Kejuaraan Sains Nasional 2023 berlangsung pada tanggal 30 April 2023 dan diikuti oleh 352 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mahasiswi yang akrab dipanggil Dyamona ini memiliki antusiasme yang tinggi dalam menghadapi tantangan kompetisi. Keikutsertaannya didorong oleh minatnya dalam Public Speaking dan keinginan untuk memanfaatkan waktunya di bangku perkuliahan dengan kegiatan yang produktif. Dyamona mengatakan,

Baca Juga :  Perluas Komitmen, Safety Riding Lab Astra Honda Hadir di Tasikmalaya

“Saya sendiri adalah seseorang yang suka berkompetisi. Saya menyukai dunia Public Speaking sejak duduk di bangku SMP. Sehingga saya ingin sekali mengasah skill yang saya miliki ini sekaligus membangun Personal Branding yang baik. Dalam bidang olimpiade, saya sudah pernah beberapa kali mengikuti lomba yang sejenis sejak duduk di bangku SMA. Sehingga beberapa soal dalam olimpiade bahasa Inggris kali ini cukup familiar dan sudah pernah saya temui di beberapa olimpiade bahasa Inggris sebelumnya,” ucapnya.

Perjalanan persiapan Dyamona dalam mengikuti kedua kompetisi ini merupakan bukti dedikasinya yang kuat. Mulai dari persiapan lomba pidato bahasa Inggris, seperti menyusun naskah pidato, melakukan penelitian mendalam tentang topik yang diperlombakan, berdiskusi dengan pembina lomba, hingga berlatih intensif untuk mempersembahkan pidato dengan maksimal. Semangatnya yang tinggi bahkan membuatnya begadang untuk merumuskan ide-ide menarik agar pidatonya bisa menarik perhatian penonton. Untuk lomba olimpiade bahasa Inggris, Dyamona telah mempersiapkan diri dengan mempelajari beberapa soal dari olimpiade sebelumnya.

Baca Juga :  Sekjen Kemenkes RI Apresiasi Upaya Pemkot Denpasar Turunkan Angka Stunting

Dalam tahap final PISMA VII 2023, Dyamona berhasil meraih posisi Juara III dalam lomba pidato bahasa Inggris dan meraih Medali Emas sebagai Peraih Medali Emas bidang Olimpiade Bahasa Inggris dalam KSN 2023.

Keberhasilannya ini tidak terlepas dari dukungan penuh orang tua dan pembina lomba sekaligus dosennya, Putu Asty Senja Pratiwi, S.S., M.Hum., Ph.D., yang menjadi sumber inspirasi dan peran penting dalam perjalanan kompetisinya kali ini.

 “Saya sangat bersyukur, bahagia, sekaligus terharu atas pencapaian ini. Saya sangat bersyukur dikelilingi oleh orang-orang hebat, termasuk dosen saya sendiri, yang mendukung saya sampai saat ini. Saya juga sangat berterima kasih kepada kedua orang tua saya yang tidak pernah menyerah untuk membiayai pendidikan saya sampai saat ini, serta terus memberikan dukungan yang tak henti-hentinya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sebagai Ajang Pelestarian Budaya, Wawali Arya Wibawa Buka Sempol Festival 2024

Prestasi Dyamona merupakan cerminan dari kualitas pendidikan Universitas Udayana yang menghasilkan lulusan-lulusan berprestasi dan kompeten di berbagai bidang. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus semangat dalam mencapai prestasi yang gemilang. Universitas Udayana mengucapkan selamat dan bangga atas pencapaian luar biasa dari Ni Putu Dyamona Sylva. Semoga prestasi ini menjadi langkah awal menuju kesuksesan yang lebih besar dalam perjalanan akademik dan karier Dyamona di masa depan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News