PHDI
PHDI Pusat Lantik Serentak Pengurus PHDI di Lima Provinsi se-Papua. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NABIRE – Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen (TNI) Purn Wisnu Bawa Tenaya melantik serentak Pengurus PHDI tingkat provinsi untuk 5 provinsi se-Papua pada Kamis (27/7/2023) di Nabire, Papua Tengah.

Acara pelantikan yang dilaksanakan bertepatan dengan hari suci Sugihan Jawa ini juga menandai berakhirnya Lokasabha I PHDI Papua Tengah. Sehari sebelumnya, Rabu (26/7/2023), PHDI Papua Tengah melaksanakan Lokasabha I yang dihadiri oleh utusan Plt. Gubernur Papua Tengah, Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si., Dandim Nabire, Letkol Inf Doni Firmansyah, Kapolres Nabire, AKBP Ketut Suarnaya dan Pembimas Papua, I Made Suena.

Baca Juga :  ITDC Pertahankan Sertifikasi SNI ISO 37001:2016

Pengurus PHDI dari 5 Provinsi yang dilantik adalah Pande Ketut Suniarta (Papua Barat Daya), Dewa Gede Sukewati, S.Pd (Papua Tengah), I Wayan Suasta, SE (Papua Selatan), drh. I Made Putra (Papua Pegunungan) dan Wayan Patiyasa, SH., MH (Papua Barat). Dalam pelantikan ini para Ketua PHDI Provinsi disematkan PIN PHDI dan diberikan buku hasil-hasil Mahasabha XII.

Dalam sambutanya Wisnu Bawa Tenaya mengingatkan bahwa Pimpanan dan pengurus PHDI adalah pelayan umat. Bahwa keberadaan PHDI di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan yang dihadapi umat dan merangkul/mempersatukan umat.

Baca Juga :  Crosser Astra Honda Delvintor Lanjutkan Aksinya Bersama CRF250R di MXGP Portugal

“Salah satu tantangan keumatan kita adalah SDM. Umat yang sadar, dewasa dan matang. Sadar artinya eling, mengerti, awas. Dewasa artinya mampu bertanggungjawab atas tindakan-tindakannya, dan matang berarti umat memiliki pertimbangan yang komprehensif dalam setiap permasalahan dan keputusan,” tegas Wisnu.

Wisnu Bawa Tenaya juga menghimbau pengurus PHDI di berbagai daerah untuk meningkatkan soliditas dan kesatuan umat.

“Ada banyak persolan umat yang masih menjadi PR kita bersama. Saat ini yang dibutuhkan bukan saling adu kekuatan, melainkan umat membutuhkan kolaborasi dan fokus pada pelayanan keumatan,” sambungnya.

Dalam pelantikan ini, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI, Wisnu Bawa Tenaya didampingi oleh Sekretaris Umum PHDI Pusat, I Ketut Budiasa ST., MM. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News