Pelantikan Pengurus PWI Jembrana
Pelantikan Pengurus PWI Jembrana, Wabup Ipat Soroti Peran Pers dalam Pembangunan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Bupati (Wabup) Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jembrana yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Sabtu (15/7/2023).

Kepengurusan PWI Jembrana masa bakti 2023-2026 dilantik secara langsung oleh Ketua PWI Bali, I.G.M.B Dwikora Putra dimana Ida Bagus Siwantara sebagai Ketua, Putu Agus Mahendra sebagai Sekretaris, dan Putu Witari sebagai Bendara serta I Putu Aryana A.B sebagai penasehat.

Wabup dalam kesempatan itu mengakui peran serta pers dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Jembrana sangatlah penting bagi pemerintah dan juga masyarakat.

“Pers adalah pilar keempat demokrasi yang berpengaruh besar terhadap kemajuan pembangunan,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Beri Penghargaan Tokoh Pendidikan Hindu di Jembrana

Lebih lanjut, Wabup Ipat menyebut PWI sebagai organisasi yang independen dan profesional, dipandang perlu kepengurusan yang dipimpin oleh sosok yang punya motivasi tinggi sebagai mitra pembangunan Pemkab Jembrana.

Ia juga berharap, dengan terpilihnya pengurus PWI yang baru, semakin meningkatkan kualitas dan kredibilitas organisasi ini, baik dari segi keakuratan berita dan informasi yang disajikan maupun dari segi peningkatan mutu sumber daya manusianya, agar organisasi PWI memiliki wartawan-wartawan yang cerdas, profesional, dan bertanggung jawab.

“Jagalah profesionalitas dengan tetap berpedoman pada visi dan misi organisasi dan kode etik jurnalistik. Tidak memanfaatkan PWI untuk kepentingan pribadi atau kelompok serta jaga kekompakan antara sesama anggota, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI Kabupaten Jembrana,” pesan Wabup.

Hal senada juga disampaikan, Ketua PWI Bali, I.G.M.B Dwikora Putra dimana setiap anggota PWI harus memiliki integritas dan kredibilitas serta profesional dalam mengembangkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab.

“Jurnalis dan media juga harus tetap menjaga independensinya karena itu modal penting bagi media untuk mendapatkan kepercayaan publik, selain merupakan tuntutan Kode Etik Jurnalistik,” jelasnya.

Dwikora juga mengajak agar seluruh wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI untuk saling menegur dan mengingatkan. Apabila ada anggota yang tidak menjalankan tugasnya tak sesuai PDRT dan kode etik.

Baca Juga :  Wabup Ipat Serahkan Tongkat Adaptif Bantu Penyandang Disabilitas

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekda I Made Budiasa, Anggota DPRD Jembrana, Ketua TP PKK Jembrana, Ny. Candrawati Tamba, unsur TNI/Polri, para Kepala OPD, Camat, serta organisasi vertikal di Kabupaten Jembrana.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News