MPLS
MPLS 2023, Ajak Siswa Beradaptasi Secara Edukatif dan Menyenangkan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini merupakan langkah awal untuk mengenal seluruh hal yang baru di Sekolah yang dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat hadir membuka secara resmi kegiatan MPLS yang serentak dilaksanakan seluruh siswa baru jenjang PAUD, SD, SMP se-Kabupaten Buleleng secara simbolis di SMP N 8 Singaraja, Senin (10/7/2023).

Baca Juga :  Pemprov Bali Hadir Serahkan Bantuan Rumah Sejahtera Terpadu Untuk Salah Satu Warga Desa Tukad Sumaga

Lebih lanjut, dijelaskan Kadis Astika MPLS adalah salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa baru yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, seperti dari pengenalan lingkungan sekolah, metode belajar, sarana dan prasarana hingga petunjuk maupun tata tertib yang harus diketahui peserta didik baru.

Pihaknya juga berharap melalui MPLS ini dapat mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Selain itu, pengenalan lingkungan sekolah wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Tak hanya pengenalan lingkungan sekolah saja, MPLS biasanya juga dimeriahkan dengan berbagai macam acara menarik. Mulai dari pemberian materi, permainan edukatif, menyelesaikan misi serta masih banyak lagi, setiap sekolah memiliki acara yang berbeda-beda.

“Untuk Pengelolaan Pendidikan Fase Fondasi yang ada di PAUD mesti dilanjutkan di SD Kelas Awal. Maka daripada itu pihak PAUD dan SD serta peran serta dukungan orang tua agar dapat menyamakan persepsi dan gerakan dalam memfasilitasi anak-anak, sehingga apa yang kita lakukan dan apa yang mereka terima sesuai dengan tahap perkembangan anak itu sendiri.” tegas Kadis Astika.

Baca Juga :  Integrasi Siskeudes - Link CMS, Percepat Transaksi Non Tunai

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Lingkup kerja Disdikpora Kabupaten Buleleng, Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Korwil Disdikpora Kecamatan se-Kabupaten Buleleng, Para Kepala Sekolah jenjang PAUD, SD, dan SMP beserta Guru dan Tenaga Kependidikan.(sri/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News