Pilmapres
Mahasiswa UGM Terpilih Jadi Mapres Terbaik Nasional 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Prestasi gemilang kembali ditorehkan mahasiswa UGM di kancah nasional. Kali ini mahasiswa Program Sarjana Internasional (IUP) Ilmu Ekonomi UGM, Schalke Anindya Putri berhasil meraih juara 1 di Pemilihan Mahasiswa Berpretasi (Pilmapres) Nasional 2023 kategori sarjana. Acara puncak Pilmapres 2023 berlangsung pada 23-26 Juli 2023 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Mahasiswa angkatan 2020 ini sukses menjadi mahasiswa berpretasi terbaik nasional usai menyisihkan 18 mahasiswa terbaik lainnya dari masing-masing regional di Indonesia. Schalke mengaku bangga bisa meraih juara pertama dalam Pilmapres 2023. Sebelumnya ia tidak pernah membayangkan akan menyabet predikat sebagai mahasiswa terbaik dalam ajang bergengsi itu.

“Perasaanya saat diumumkan jadi juara pastinya campur aduk. Senang karena merasakan keberhasilan dari berbagai kesulitan yang saya alami selama persiapan dan selama kuliah, tetapi juga merasa ini adalah sebuah tanggungjawab besar yang harus saya pegang,” paparnya, Jumat (28/7/2023).

Ia mengatakan bahwa menjadi mahasiswa berpretasi nasional tidak pernah menjadi target dalam hidupnya. Sejak awal ia menjalankan dengan rasa ikhlas, namu tetap menunjukkan kinerja terbaik sembari terus mengali potensi diri.

Baca Juga :  Kisah Kartini Masa Kini, Rintis Bisnis di Usia 19 Tahun Kini Punya 150 Karyawan

“Alhamdulillah saya diberikan amanah yang luar biasa ini,” tuturnya.

Sebelum dinobatkan sebbagai Mapres Terbaik Naisonal, gadis berjilbab ini harus melewati serangkaian seleksi panjang. Seleksi dimulai ditingkat fakultas bersaing dengan rekan-rekannya di FEB UGM. Lalu ia pun terpilih menjadi mahaisswa berpretasi 1 FEB yang mewakili fakulta suntuk berkompetisi di tingkat universitas. Perjuangan berlanjut di tingkat fakultas ia beradu dengan mahasiswa lain perwakilan 18 fakultas di UGM.

Perjuangannya pun membuahkan hasil. Kerja keras dan ketekunannya berhasil menghantarkan Schalke menjadi Mapres Terbaik 1 di UGM kategori sarjana dan melaju seleksi wilayah LLDIKTI V. Ditingkat wilayah ini seleksi diikuti sebanyak 22 mahaisswa program sarjana dan 16 mahasiswa program diploma.

“Dari tingkat wilayah dipilih 3 terbaik di masing-masing kategori untuk maju ke seleksi tingkat nasional  yang diikuti kurang lebih 90 mahasiswa dari program sarjana dan diploma,” urainya.

Lalu di seleksi awal tingkat nasional disaring 19 terbaik program sarjana dan 18 program diploma. Seluruh peserta berkompetisi ketat mempresentasikan gagasan kreatif, melakukan pidato bahas Inggris serta diskusi panel. Setelah melalui penilaian para dewan juri dari berbagai aspek, Schalke akhirnya dipilih menjadi Mapres Terbaik 2023 Tingkat Nasional.

Saat itu ia memaparkan gagasan menuju 100 tahun kemerdekaan. Disebutkan dalam visi Indonesia 2045 bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dengan kualitas manusia unggul, kekuatan ekonomi dunia, kesejahteraan rakyat merata, dan tata kelola pemerintahan yang kuat. Kendati begitu, Indonesia masih memiliki tantangan di pasar tenaga kerja dan kualitas pekerja yang ada. Program INSPIRASI bertujuan untuk memperkokoh sistem pendidikan tinggi Indonesia dari segi kurikulum, pengajar, forum industri-dikti, dan portal data.

Baca Juga :  Ciptakan Generasi Tangguh dan Mandiri, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

“Harapannya, Program INSPIRASI dapat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi agar mencetak generasi emas 2045,” ucapnya.

Schalke menyebutkan ada banyak pelajaran yang bisa ia ambil dari keikutsertaan dalam kegiatan Pilmapres.

“Lewat Pilmapres ini saya belajar bahwa kesungguhan hati bisa menghasilkan prestasi. Sering rasanya ingin menyerah, tetapi saya terus kembali kepada alasan utama mengikuti mapres yaitu membuat dampak lebih besar kepada masyarakat sekitar,” terangnya.

Tak hanya itu, pelajaran yang ia petik dari Pilmapres ini adalah untuk menjadi diri sendiri. Meyakini dan percaya terhadap nilai-nilai yang kita pegang, maka orang-orang pun akan melihat hal itu.

“Jangan takut untuk menjadi diri yang authentic karena kita semua unik dan spesial di cara kita masing-masing,” jelasnya.(ugm.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News