Indosat
Kinerja Keuangan Indosat Ooredoo Hutchison Solid di Kuartal Kedua Tahun 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) melaporkan performa keuangan yang solid pada kuartal kedua tahun 2023. Laba bersih Perseroan tercatat selama sepuluh kuartal berturut-turut, dan pendapatannya terus berkembang dalam lima semester terakhir.

Pendapatan Indosat mencapai Rp24,7 triliun pada semester I 2023, mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year, YoY). Pertumbuhan ini didorong oleh kinerja positif dari semua lini bisnis perusahaan. Pendapatan dari layanan selular naik 8,4%, sementara layanan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) meningkat 15,7%, dan layanan Telekomunikasi Tetap tumbuh sebesar 25,9% YoY. Selain itu, pertumbuhan pendapatan yang kuat menyebabkan EBITDA meningkat 24% YoY menjadi Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1% pada semester pertama 2023. Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp1,9 triliun.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Siap Layani Arus Balik

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, Kami senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semester I tahun 2023 dengan hasil yang positif.

“Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan yang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami, dalam mencapai tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia,” ungkapnya.

Percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) mulai membuahkan hasil. Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4% atau 3,8 juta YoY menjadi 100 juta, dengan peningkatan pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User, ARPU) Perseroan mencapai Rp35.800 pada kuartal kedua, dan trafik data meningkat 16,8% YoY atau lebih dari 7.000 Petabyte. Penyediaan lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I 2023, meningkat 8,5% YoY, dengan 167 ribu di antaranya merupakan BTS 4G, menjadi pendorong utama peningkatan layanan tersebut.

Vikram menambahkan, percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat, membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan.

Baca Juga :  Kinerja Dunia Usaha Bali Tetap Kuat Meskipun Sedikit Menurun di Triwulan I 2024

“IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, kinerja Indosat di regional East Java & Bali Nusra (EJBN) juga memuaskan pada kuartal kedua tahun 2023. Jumlah pelanggan berkualitas meningkat lebih dari 1,4 juta pengguna (YoY) atau tumbuh 9 persen. Trafik data 4G meningkat 13 persen (YoY), sementara pengguna data secara keseluruhan meningkat 10 persen secara tahunan (YoY). Jumlah BTS 4G di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara juga bertambah hampir 6.000 unit atau meningkat 26 persen YoY dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini menandakan performa jaringan Indosat yang semakin handal dalam menyediakan pengalaman luar biasa bagi pelanggannya.

Baca Juga :  Tingkatkan Optimalisasi Peran Organisasi Bagi Masyarakat, DWP Kota Denpasar Kaji Tiru ke DWP Kota Yogyakarta

Dengan capaian ini, pelanggan Indosat baik dari IM3 maupun Tri di seluruh Indonesia, kini dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan yang lebih baik untuk 32% lebih banyak populasi di dalam ruangan, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti streaming video dan bermain game. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News