Nusa Dua
Keindahan Bird Sanctuary di Lagoon The Nusa Dua. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Bird Sanctuary merupakan salah satu daya tarik unik di Lagoon The Nusa Dua yang dikelola oleh PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC Utilitas) sebagai bagian dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di Indonesia perusahaan member InJourney Group.

ITDC Utilitas berkomitmen sebagai penyedia sistem utilitas terintegrasi dan ramah lingkungan. Lagoon The Nusa Dua yang merupakan kolam stabilitas diatas lahan terbuka dengan luas lahan 20 ha dan luas lahan basah 13,5 ha, memiliki pemandangan hijau dan asri yang menjadi lokasi pengolahan air limbah dengan sistem kolam stabilitas.

Baca Juga :  Serahkan Antribut Kepada "Gen Dental" di Ajang DEF, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Transaksi Digital di Berbagai Sekolah

Lagoon The Nusa Dua menyediakan habitat yang aman dan alami bagi berbagai jenis burung yang dilindungi. Kawasan ini memberikan ruang bagi burung-burung untuk mencari makan dan sebagai tempat persinggahan. Dengan adanya Bird Sanctuary ini, pengunjung memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan burung-burung yang unik dan langka. Beberapa spesies burung yang sering terlihat dan dapat dijumpai diantaranya burung elang laut, bangau, burung camar, blibis dan burung pemakan ikan lainnya.

Direktur Utama ITDC Utilitas, A.A Ratna Dewi mengatakan, Bird Sanctuary di Lagoon The Nusa Dua menjadi tempat persinggahan bagi berbagai jenis burung yang tinggal di daerah tersebut. Keberadaan sanctuary ini memungkinkan burung-burung langka atau terancam punah untuk hidup dan berkembang biak dengan aman.

Baca Juga :  Melalui Pasar Murah Sewaka Jaya, Pemkot Denpasar Tekan Angka Inflasi

“Burung yang datang ke area Bird Sanctuary ini terjadi selama periode migrasi pada bulan Maret – April dan September – Oktober. Perlu diingat bahwa migrasi burung adalah fenomena alam yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu faktor cuaca dan perubahan iklim,” jelas Ratna.

Pengunjung Lagoon The Nusa Dua dapat menikmati suasana dan melihat berbagai spesies burung dengan berjalan di sekitar area pedistrian atau menggunakan perahu/kano di kolam stabilitas.

Bird Sanctuary juga menjadi fasilitas edukasi bagi masyarakat dan mahasiswa yang ingin melakukan studi dan penelitian untuk mendapatkan informasi tentang berbagai spesies burung, habitat burung dan upaya yang dilakukan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem burung-burung di Lagoon The Nusa Dua.

Bagi yang ingin berkunjung maupun melakukan aktivitas di Bird Sanctuary Lagoon The Nusa Dua, dapat melakukan registrasi melalui email: [email protected] .

“Kepada para pengunjung kami mewajibkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkunjung, menaati prosedur dan syarat yang berlaku di Lagoon The Nusa Dua, memperhatikan dan menjaga jarak aman agar tidak mengganggu aktivitas burung-burung di Bird Sanctuary,” tutup Ratna.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News