Konservasi Terumbu Karang
Gandeng Bank Danamon Indonesia, Pemkot Denpasar Laksanakan Konservasi 1.200 Terumbu Karang dan Penghijauan 1.250 Pohon di Sanur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar bersinergi dengan Bank Danamon Indonesia cabang Kantor Wilayah Bali mengadakan kegiatan Danamon Peduli Lingkungan Tahun 2023 yang mengambil Tema “Tumbuh Bersama Danamon” dimana kegiatan yang digelar di Kawasan Wisata Taman Inspirasi Muntig Siokan Mertasari Denpasar, Sabtu (29/7/2023). Kegiatan yang dilaksanakan guna melestarikan trumbu karang dan menambahn ekosistem tumbuhan di wilayah Sanur ini di hadiri Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana didampingi Kadis DLHK Kota Denpasar, I.B Putra Wirabawa yang pada kesempatan tersebut ikut melaksanakan penanaman bibit Pohon Cemara.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Regional Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Bali-Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan, Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, Bendesa Adat Intaran, I Gst. Agung Alit Kencana beserta unsur terkait lainnya.

Baca Juga :  Kesanga Festival II Sukses, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Semangat Generasi Muda

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana mengatakan, penanaman cemara laut di sepanjang pesisir pantai dan membentuk lapisan cemara laut dapat berfungsi sebagai pelindung dari tsunami, gelombang tinggi dan abrasi pantai. Cemara laut juga berfungsi untuk mengurangi dan mengubah kecepatan angin, sehingga dapat mengurangi laju angin ke wilayah sekitar laut.

Sedangkan, untuk Terumbu karang dapat menjadi tempat berlindung serta menjadi ekosistem alami yang baik bagi ikan-ikan dan hewan-hewan laut. Maka tidak heran, banyak ikan dan hewan laut yang tinggal di terumbu karang. Keberadaan terumbu karang dapat menjada kekayaan alam yang sangat indah. Melihat situasi itulah maka penting bagi seluruh lapisan masyarakat untuk ikut andil dalam menjaga ekosistem bahari yang salah satunya dengan penghijauan dan konservasi terumbu karang.

Baca Juga :  Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Sinergi Dishub Denpasar Siapkan Pos Terpadu, Cek Kesehatan Sopir dan Angkutan

“Saya sangat menyambut baik kegiatan dari Bank Danamon kantor Wilayah Bali ini dengan kegiatan Konsevasi Terumbu Karang dan penghijauan di wilayah Pantai Muntig Siokan Sanur,” ungkap Sekda Alit Wiradana saat usai melaksanakan penanaman pohon cemara.

Sementara Regional Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Bali-Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan mengatakan, kegiatan kali ini Bank Danamon berkolaborasi dengan Kelompok Sungai Bahari Intaran, BUPDA Intaran, Desa Adat Intaran dan Pemkot Denpasar.

Dimana Rangkalan kegiatan berupa Konservasi Terumbu karang sebanyak 1.200 Bibit trumbu karang yang akan di tanam dan Penghijauan di Daerah Aliran Sungai Tukad Loloan dan di tepi Pantai Wisata Muntig Siokan dengan penanaman sebanyak 1.250 Pohon cemara, serta 5 buah kano di serahkan untuk desa setempat.

Selain serah terima trumbu karang dan bibit pohon kepada bendesa adat intaran sanur, juga diserahkan revitalisasi Taman Kota Bundaran Renon dan Akasia Tanjung Bungkak secara simbolis oleh Danamon ke Pemkot Denpasar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News