AstraPay Sanurfest
Platform e-wallet sekaligus digital payment AstraPay, branding dari PT Astra Digital Arta, yang tergabung dalam Astra Financial ini, kembali hadir menjadi sponsor utama perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023 yang akan diselenggarakan pada 19-23 Juli 2023 di Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Terlihat suasana booth AstraPay pada perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dengan semangat untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia, khususnya di Bali, platform e-wallet sekaligus digital payment AstraPay, branding dari PT Astra Digital Arta, yang tergabung dalam Astra Financial ini, kembali hadir menjadi sponsor utama perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023. Kegiatan tahunan yang akan diselenggarakan mulai tanggal 19-23 Juli 2023, itu akan dipusatkan di Pantai Matahari Terbit, di kawasan Sanur, Denpasar.

Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Aprian, mengatakan, tahun ini menandai kali kedua kehadiran AstraPay dalam kegiatan Sanur Village Festival. AstraPay, yang dimiliki PT Astra International Tbk tersebut, sukses sebagai sponsor utama pada perhelatan serupa tahun 2022.

Kembali hadirnya AstraPay merupakan wujud komitmen perseroan dalam kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi Bali, khususnya sektor pariwisata yang menyasar kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“AstraPay Sanur Village Festival 2023 merupakan event bergengsi yang diharapkan dapat mendorong roda perekonomian dan sektor pariwisata di kawasan Sanur, khususnya kembali menghidupkan bisnis para pelaku UMKM. Selain itu, festival ini juga menghadirkan beragam kegiatan budaya, seni, hingga olahraga dan aktivitas yang berdampak positif bagi sektor lingkungan, sehingga AstraPay melihat perhelatan event ini sebagai momentum yang sangat baik bagi kawasan Sanur, Bali dan sekitarnya,” tutur Rina.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

Lebih lanjut, Rina menjelaskan kontribusi AstraPay sebagai sponsor utama menjadi sebuah kebanggaan bagi salah satu unit bisnis Grup Astra yang menyediakan layanan e-wallet dan digital payment tersebut.

“Adalah sebuah kebanggaan bagi kami dapat berkontribusi positif bagi masyarakat di Sanur dan sekitarnyat. Kehadiran kami pada event ini tentunya sejalan dengan misi AstraPay, yaitu memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi secara digital, sehingga dengan adanya AstraPay diharapkan dapat mempermudah para pelaku UMKM, pengunjung, dan seluruh pihak dalam bertransaksi,” kata Rina.

Dalam pernyataannya kepada sejumlah media di Badung akhir Mei lalu, Gubernur Bali, I Wayan Koster, menyatakan lebih dari 54% pencapaian Produk Domestik Bruto (PDB) di Bali berasal dari sektor pariwisata. Menutup Kuartal I 2023, disebut Koster, perekonomian Bali mengalami pertumbuhan sebesar 6,04%, melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,4%.

Ini tentunya menjadi pertanda baik bagi pemulihan ekonomi Bali. Pasalnya, pandemi Covid-19 yang mewabah pada awal tahun 2020 menyebabkan perekonomian Bali terperosok di angka pertumbuhan -9,31% pada tahun 2020 dan -2,74% pada tahun 2021. Sedangkan di tahun 2022, ekonomi Bali baru tumbuh mencapai 1,46%.

Perhelatan AstraPay Sanur Village Festival 2023 ini diharapkan menjadi salah satu momentum positif bagi berlanjutnya pemulihan ekonmi Bali. Sektor pariwisata yang merupakan tulang punggung perekonomian Bali diharapkan dapat terus bertumbuh hingga menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 juga mengubah pola konsumsi masyarakat secara umum.  Peralihan transaksi jual beli secara digital terjadi dan terus berlanjut hingga kini. Selain meminimalisir kontak fisik sebagai bagian dari cara hidup di masa normal baru, transaksi digital tumbuh karena prosesnya yang mudah, cepat, dan efektif.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

AstraPay sebagai platform e-wallet dan digital payment hadir menawarkan hal-hal itu bagi para penggunanya.  Mulai dari menerima pembayaran dari pelanggan, memberikan promo dan diskon khusus di AstraPay, hingga memanfaatkan fitur QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk memudahkan pelanggan dalam transaksi pembayaran. AstraPay juga memberikan keuntungan dalam melacak transaksi secara digital dan mempermudah pelaporan keuangan bagi para pelaku UMKM.

AstraPay telah bekerja sama dengan sejumlah merchant mulai dari pembayaran tagihan, pembelian berbagai kebutuhan seperti pulsa, token listrik, dan beragam fitur pembayaran yang mudah untuk diakses. AstraPay juga mendorong secara masif kerja sama dengan sejumlah merchant UMKM sebagai inisiatif perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan digitalisasi UMKM di Indonesia.

Sampai dengan Juni tahun 2023, AstraPay telah bekerja sama dengan  lebih dari 17.800 merchant di seluruh Indonesia dengan 9.750 di antaranya merupakan merchant UMKM.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News