Doku
(kiri ke kanan) Chief Executive Officer DOKU, Chris Yeo bersama dengan Head of SME DOKU, Angga Narendra mengumumkan kehadiran Juragan DOKU. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Pada hari ini, DOKU mengumumkan kehadiran Juragan DOKU, sebuah inisiatif baru untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia.

Dengan mitra komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard), dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), DOKU memasuki segmen UMKM setelah fokus selama 16 tahun pada segmen korporat.

Dalam acara peluncuran ini, DOKU juga mengumumkan transformasi bisnisnya dari pionir gateway pembayaran menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan memperluas bisnis ke Asia Tenggara dalam beberapa tahun ke depan. Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh Plh Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto.

CEO DOKU, Chris Yeo menjelaskan, bahwa Juragan DOKU adalah inisiatif untuk pertumbuhan lanjutan yang ditujukan kepada pasar UMKM di Indonesia. Mereka menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah, dan lengkap baik secara online maupun offline bagi penjual di media sosial, yang juga dikenal sebagai “social sellers”. Social sellers menjadi target utama Juragan DOKU pada fase awal.

Baca Juga :  Berlaga di Prancis, Delvintor Optimis Suguhkan Performa Positif

“Melalui Juragan DOKU, DOKU berharap tidak hanya meningkatkan jumlah transaksi sukses, tetapi juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan berbagai metode pembayaran,” ungkapnya.

Inisiatif Juragan DOKU menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur langsung pakai seperti payment link, e-katalog, QRIS, dan instant checkout. Selain fitur-fitur tersebut, DOKU juga menyediakan program pendampingan khusus untuk para Juragan, yang dapat diakses melalui aplikasi Juragan DOKU yang tersedia di Play Store dan Apple Store.

(tengah) Founder Jogjamu, Anindwitya Rizqi Monica sedang berdiskusi sambil menjelaskan produk jamu dengan (kiri) Plh. Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto dan (kanan) Chief Executive Officer DOKU, Chris Yeo. Sumber Foto : Istimewa

Angga Narendra, Head of SME DOKU, menjelaskan bahwa fitur-fitur terima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi utama dari Juragan DOKU dalam digitalisasi UMKM Indonesia. Selain pengembangan produk, DOKU juga ingin memberikan dukungan optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman, dan jaringan mitra korporat yang dimiliki sebagai pionir gateway pembayaran.

“Sejak Juragan DOKU diperkenalkan pada awal 2023 secara organik, sudah tercatat 10.000 UMKM Indonesia yang bergabung menjadi Juragan. Hal ini semakin memperkuat keyakinan DOKU untuk melanjutkan ekspansi dan melayani segmen UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa,” ujar Angga Narendra.

Berikut adalah manfaat dari masing-masing fitur unggulan dalam aplikasi Juragan DOKU:

  1. Instant Checkout: Transaksi sukses melalui postingan story Instagram yang sudah dilengkapi dengan link instant checkout. Pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung tanpa harus berpindah aplikasi atau platform.
  2. Payment Link: Berbagai cara untuk menerima pembayaran, mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. Pembuatan payment link yang ringkas dengan 3 langkah mudah untuk sebarluaskan.
  3. E-Katalog: Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan berbagai opsi pembayaran, dan dilengkapi dengan jasa pengiriman.
  4. QRIS: Proses pendaftaran QRIS secara mandiri hingga disetujui melalui aplikasi. Didukung oleh notifikasi real-time dan fitur rekap transaksi. Dapat digunakan untuk bisnis online maupun offline.
Baca Juga :  Pertamina Goes To Campus, Langkah Kolaborasi Pertamina Hadapi Trilema Energi

Selama 16 tahun beroperasi di Indonesia, DOKU telah melayani lebih dari 150.000 merchant gateway pembayaran dari 18 kategori bisnis dan memiliki lebih dari 5 juta pengguna e-wallet. Tahun 2022 menjadi tahun yang sukses bagi DOKU setelah pandemi COVID-19, dengan jumlah transaksi sukses mencapai 145 juta dan pertumbuhan volume transaksi sebesar 80% dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, DOKU telah mencatatkan keuntungan sejak kuartal ke-4 tahun 2022. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News