Digital Leadership Government Award
Di hadapan Tim Juri, Sekda Alit Wiradana Presentasi Digital Leadership Government Award Tahun 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana sebagai 9 besar finalis Askompsi Digital Leadership Government Award Tahun 2023 melakukan presentasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di hadapan tim Juri yang dipimpin Direktur Eksekutif Askompsi Eddy Santoso di Kantor Wali Kota Denpasar, Selasa (4/7/2023).

Askompsi Digital Leadership Goverment Award 2023 sendiri merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada Sekertaris Daerah di seluruh Indonesia sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan melalui pelaksanaan regulasi SPBE, Satu Data Indonesia, Smart Province dan Smart City.

Pada kesempatan ini, I.B Alit Wiradana menyampaikan selalu Top Leader di jajaran birokrasi terus mendorong penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada setiap organisasi perangkat daerah di Pemkot Denpasar, termasuk di lingkungan Sekretariat Daerah. Hal tersebut guna mempercepat dalam pelayanan publik pengambilan kebijakan yang cepat dan tepat. Selain itu penerapan SPBE juga untuk mempercepat Denpasar sebagai Smart City dalam berbagai dimensi kehidupan. Mulai dari smart economy, smart society, smart branding, smart living, smart governance dan smart enbironment.

Keberhasilan Denpasar dalam penerapan SPBE di berbagai layanan ini, membuat Denpasar masuk 9 Besar Finalis Askompsi Digital Leadership Goverment Awards (ADLA) yang di gelar oleh Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi).

Baca Juga :  NPHD Sah Ditandatangani, Pemilukada Serentak di Bali Diharapkan Berjalan Kondusif dan Demokratis

“Di era transformasi informasi seperti saat ini semua dituntut serba lincah dan cepat termasuk halnya dalam proses administrasi pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) wajib dilaksanakan oleh seluruh kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah. Sesuai dengan Perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Termasuk hal nya di Pemkot Denpasar, Saya mendorong kepada jajaran pimpinan di Pemkot Denpasar utamanya di Sekretariat Daerah untuk menggunakan teknologi dalam proses administrasi termasuk surat menyurat serta rekomendasi, agar tidak perlu menunggu lama dalam memutuskan sebuah kebijakan,” kata Alit Wiradana.

Sementara itu, Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Denpasar dalam hal ini Sekda Kota Denpasar, yang telah berkomitmen tinggi dalam mewujudkan Indonesia Digital.

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

“Kunci utama dari awal keberhasilan Menuju Indonesia Digital dan Transformasi Digital adalah komitmen dan teladan dari Kepala Daerah dan Sekda untuk mendukung secara regulasi, anggaran dan SDM,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, Askompsi Digital Leadership Government Award merupakan sebuah penghargaan kepada Sekda yang memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan Indonesia Digital dengan kewenangan dan kemampuan untuk menggerakkan sinergi, koordinasi dan kolaborasi antar OPD sebagai kunci keberhasilan SPBE.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News