Selemadeg Timur
Berikan Motivasi Melalui Aksi Sosial, Rai Wahyuni Sanjaya Menyapa dan Berbagi di Selemadeg Timur dan Kerambitan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tak hentinya berikan perhatian dan salurkan motivasi bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan solidaritas dan rasa empati, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya mewujudkan hal tersebut melalui aksi Menyapa dan Berbagi yang dilakukannya secara road show bersama jajaran di Kabupaten Tabanan.

Kali ini, Jumat (14/7/2023), Ny. Rai Wahyuni Sanjaya didampingi Kepala OPD terkait serta Sekretaris dan jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, melaksanakan aksi Menyapa dan Berbagi di Kecamatan Selemadeg Timur dan Kerambitan. Sebelumnya pada, Senin (10/7/2023), pihaknya telah melaksanakan aksi sosial tersebut di Kecamatan Marga yang turut juga dihadiri oleh para Kader PKK Kecamatan dan Desa hingga para Kader Posyandu.

Meskipun beberapa kali telah berkunjung ke Selemadeg Timur, sebagai lokasi kunjungan yang pertama, namun perhatian dan rasa rindu tak kunjung surut pada masyarakat. Ny. Rai Sanjaya pastikan dapat bertatap muka, menyentuh masyarakat secara merata, sekaligus memberikan bantuan bagi para penerima manfaat di setiap kecamatan.

“Ini adalah bentuk perhatian dari Pemkab Tabanan, dari Bapak Bupati dan melalui saya dari PKK, untuk tetap memperhatikan Ibu Bapak sareng sami, para lansia, ibu hamil dan alit-alit semuanya, sekaligus untuk memberikan motivasi dan semangat,” ucap Bunda Rai pagi itu.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

Adapun penerima bantuan ditargetkan kepada para kader PKK, Lansia, Ibu Hamil dan Balita dengan rincian penerima bantuan di Selemadeg Timur yakni, 25 Lansia, 20 Ibu Hamil, 25 Balita dan 100 Kader PKK dan dilanjutkan dengan penerima bantuan di Kecamatan Kerambitan yakni kepada 25 Lansia, 20 Ibu Hamil, 25 Balita dan 150 Kader PKK yang terdiri dari beras, telur dan susu serta kebutuhan pokok lainnya.

Di samping itu, dalam setiap kunjungannya, selain memastikan kehadirannya menjadi manfaat bagi masyarakat setempat, juga digunakan untuk terus mensosialisasikan program kerja PKK yang menjadi tujuan pembangunan Tabanan serta mempercepat tercapainya Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Termasuk sosialisasi yang berfokus pada ketahanan pangan keluarga yakni AKU HATINYA PKK, Pembatasan Timbunan Sampah Plastik dan Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, serta Penanganan Stunting.

“Kehadiran kami, ingin terus mensosialisasikan, karena merupakan tugas unggulan, ada 10 program pokok dan ada yang namanya program unggulan. Jadi mana yang prioritas, sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini” terangnya. Srikandi Tabanan yang akrab disapa Bunda Rai itu, juga berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah yang ada di rumah tangga. Seluruhnya saling berkaitan, menanam tanaman yang bermanfaat dengan program Aku Hatinya PKK, juga dapat memanfaatkan sampah rumah tangga sebagai pupuk, di mana pemanfaatan tersebut juga mampu mengurangi timbunan sampah di kalangan keluarga.

Selebihnya, Bunda Rai juga menekankan, ibu-ibu dan kader posyandu untuk semakin menggencarkan sosialisasi terkait stunting. Apalagi saat ini, Kabupaten Tabanan telah berhasil meraih predikat penghargaan penanganan stunting terbaik tingkat nasional, yang di mana hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi Tabanan

“Kita harus bangga, artinya kerja keras kita, sinergi kita sudah berjalan dengan baik. Oleh sebab itu harus ditingkatkan lagi, sebab berkat sosialisasi kita, intervensi kita, saling sinergi dengan stakeholder yang berjalan dengan sangat bagus. Mari kita tingkatkan lagi agar angka stunting di Kabupaten Tabanan bisa menjadi tidak ada atau nihil. Saya bangga sekali dengan SDM orang-orang Tabanan, seperti yang sering diucapkan Pak Bupati, harus Bangga Jadi Orang Tabanan,” ujarnya bangga.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Krama Desa Dauh Peken

Menyambut baik kunjungan Bunda Rai beserta jajaran, terlebih akan perhatiannya yang tiada henti, termasuk Camat Kerambitan dan Ketua TP PKK Kecamatan Kerambitan yang tak hentinya mengungkapkan ucapan terima kasih.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan Menyapa dan Berbagi, di mana itu merupakan salah satu bentuk perhatian dari Ibu Ketua Kepada masyarakat. Dengan turun dan bertemu langsung, tentu merupakan hal yang sangat besar artinya bagi kami. Di mana sosok Ibu begitu dekat dengan anak-anaknya,” ungkap Ni Komang Ayu Ratmini, selaku Ketua TP PKK Kecamatan Kerambitan.

Pihaknya juga berharap, program ini dapat terus berjalan ke depan sebagai bentuk kepedulian social dalam mewujudkan Visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

“Kami mewakili masyarakat Kecamatan Kerambitan mengucapkkan, terima kasih yang sebesar-besarnya, harapannya semoga amal kebaikan yang dilakukan kepada Masyarakat, akan tetap menjadi mutiara di hati Masyarakat,” tuturnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News