SMKN 1 Manggis
Astra Motor Bali Paparkan Panduan Profile TBSM Honda di MPLS SMKN 1 Manggis. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tahun ajaran 2023/2024 sudah dimulai dan seluruh sekolah di Bali menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada masa pengenalan sekolah siswa biasanya dilibatkan dalam kegiatan yang tujuannya untuk mengenalkan lebih dalam tentang lingkungan, kondisi, dan karakteristik sekolah. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, semangat, prilaku positif dan cara belajar efektif kepada siswa baru.

Sebagai bentuk kerja sama yang sudah terjalin selama ini, Astra Motor Bali berkesempatan untuk berkolaborasi agenda kegiatan MPLS dengan SMKN 1 Manggis melalui pemberian panduan profile kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda yang diikuti oleh 300 siswa kelas X.

Baca Juga :  S.M. Mahendra Jaya Apresiasi Kinerja BPK, Sampaikan Bahwa Hasil Pemeriksaan Penting Sebagai Bahan Evaluasi

Dengan pemaparan materi yang di bawakan oleh PIC SHEP (Satu Hati Education Program) officer main dealer, Made Putra menjelaskan, Honda secara garis besar, kemudian AHM sebagai agen tunggal pemegang merek serta program pendidikan vokasi yang dijalankan untuk siswa SMK diantaranya Satu Hati Education Program. Tidak hanya itu, untuk mewujudkan wirausaha muda di dunia bengkel motor, juga dikenalkan program Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP) yang merupakan program tahap lanjutan bagi alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang telah memiliki usaha bengkel motor secara mandiri.

“Selama menempuh sekolah 3 tahun berbagai kegiatan pembelajaran dan Program pengayaan edukasi dan sharing knowledge terkait teknologi dan perkembangan motor untuk memastikan berjalannya sistem pendidikan link and match antara Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Selain memberikan peningkatan dan pengayaan pengetahuan dan keterampilan guru, AHM juga menyiapkan sarana untuk sertifikasi bagi para guru yang levelnya disesuaikan dengan kemampuan,” jelasnya.

Baca Juga :  PLN UID Bali Pastikan Keandalan Listrik Jelang World Water Forum ke-10

Sementara itu, siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja lapangan (PKL) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Manager SHEP Astra Motor Bali, Achmad Wahyudi Irmono menyebutkan, Astra Motor Bali menunjukkan konsistensi dalam melakukan pendampingan dan pengembangan Pendidikan vokasi di SMK melalui Satu Hati Education Program.

“Dengan semangat ‘Sinergi Bagi Negeri’ kami ingin selalu berkontribusi dalam mendukung pendidikan vokasi. Dengan berpartisipasi di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa memahami tentang bisnis dan keterampilan dalam pelayanan jasa mekanik sepeda motor. Harapan kami melalui program ini semoga kami dapat berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya melalui pendidikan vokasi di tingkat SMK,” ungkap Achmad Wahyudi Irmono.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News