Google I/O 2023
Google I/O 2023. Sumber Foto : io.google/2023

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Google I/O 2023 penuh dengan pembaruan dan pengumuman yang menarik. Modern Android Development (MAD) adalah tentang membuat pengembangan aplikasi Android menjadi lebih cepat dan mudah! Dengan menciptakan library, tool, dan panduan untuk mempercepat alur kerja dan membantu developer menulis kode yang lebih aman dan lebih baik sehingga developer dapat fokus membangun pengalaman yang luar biasa.

Berikut adalah tiga pengumuman utama dari Google I/O 2023:

1. Dapatkan jawaban untuk pertanyaan pengembangan Anda dengan Studio Bot

Salah satu pengumuman yang paling ditunggu-tunggu adalah Studio Bot, asisten pemrograman berbasis kecerdasan buatan (AI) yang baru dan eksperimental, langsung di IDE. Developer dapat mengajukan pertanyaan atau menggunakannya untuk membantu memperbaiki kesalahan-semuanya tanpa harus meninggalkan Android Studio. Studio Bot masih dalam tahap awal pengembangan, dan saat ini hanya tersedia untuk developer di Amerika Serikat.

Baca Juga :  Dapatkan Tab Samsung S9 di Blibli Harga Terjangkau

2. Jetpack Compose memiliki peningkatan untuk tata letak aliran, komponen Material baru, dan lainnya

Jetpack Compose menjadi fokus utama, memudahkan pembangunan antarmuka pengguna (UI) yang kaya. Rilis Mei 2023 mencakup banyak tata letak baru dan peningkatan seperti pager horizontal dan vertikal, tata letak aliran, dan komponen Material 3 baru seperti pemilihan tanggal dan waktu serta drop down.

Juga terdapat peningkatan kinerja pada sistem modifikasi, dengan pembaruan lebih lanjut masih dalam pengembangan. Peningkatan ini menghasilkan peningkatan kinerja rata-rata sebesar 22% yang dapat dilihat pada rilis alpha terbaru, dan peningkatan ini berlaku secara menyeluruh. Untuk mendapatkan manfaat ini dalam aplikasi, developer hanya perlu memperbarui versi Compose!. Sekarang developer juga dapat menggunakan Jetpack Compose untuk membangun widget dengan library Glance dan aplikasi TV dengan Compose for TV.

Baca Juga :  Memilih Asuransi Mobil All Risk, Ketahui Dulu Cara Klaimnya

3. Gunakan Kotlin di semua bagian aplikasi

Sejak pengumuman dukungan Kotlin untuk Android resmi pada tahun 2017, pihak Google terus melakukan perbaikan untuk membantu developer mengembangkan dengan Kotlin. Enam tahun kemudian, pihak Google terus berinvestasi dalam perbaikan untuk Kotlin.

Pertama, pihak Google bekerja sama dengan JetBrains pada kompiler K2 baru yang sudah menunjukkan peningkatan signifikan dalam kecepatan kompilasi. Dan aktif bekerja pada integrasi ke dalam alat-alat kami seperti Android Studio, Android Lint, KSP, Compose, dan lainnya, serta memanfaatkan basis kode Kotlin besar dari Google untuk memverifikasi kompatibilitas kompiler baru ini. (kmg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News