Serangkaian Bulan Bung Karno V
Serangkaian Bulan Bung Karno V Tahun 2023, Pemkot Denpasar Bersinergi Dengan TP PKK Kota Denpasar Gelar Berbagai Lomba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar, menggelar berbagai perlombaan. Pelaksanaan kegiatan ini, juga serangkaian dengan peringatan Bulan Bung Karno V tahun 2023.

Rangkaian kegiatan perlombaan ini secara resmi dibuka Kepala Dinas PMD Kota Denpasar, I Wayan Budha, pada Kamis (22/6/2023) di Gedung Wanita Santi Graha, Jalan Sudirman Denpasar.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Kepala Dinas PMD Kota Denpasar, I Wayan Budha mengatakan, berbagai perlombaan yang digelar meliputi Lomba Simulasi TP PKK, Lomba Kuis Siapa Bisa, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato, Lomba Menghias Tumpeng serta Lomba Senam Sicita.

Baca Juga :  Melalui Pasar Murah Sewaka Jaya, Pemkot Denpasar Tekan Angka Inflasi

“Rangkaian lomba-lomba tersebut akan digelar dalam beberapa hari, dan dimulai hari ini dengan Lomba Simulasi TP PKK. Kesemuanya, akan melibatkan 4 kecamatan di Kota Denpasar, yang akan mengirimkan perwakilannya masing-masing,” jelas Wayan Budha.

Pelaksanaan aneka kegiatan ini, lanjut Wayan Budha adalah implementasi dari Pergub Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang pelaksanaan peringatan Bulan Bung Karno di Bali.

Dimana, di dalam pelaksanaannya diharapkan nilai-nilai patriotisme serta jasa Bapak Poklamator RI tersebut dapat disisipkan di masyarakat terutama generasi muda di masa sekarang ini.

“Untuk itu, kami menggandeng TP PKK Kota Denpasar, dengan semangat Vasudhaiva Kutumbhakam, yakni menyama braya. Dimana seperti kita tahu TP PKK adalah ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dengan harapan, momentum peringatan Bulan Bung Karno ini akan mampu dimaknai oleh semua lini masyarakat,” tutur Wayan Budha.

Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dalam kesempatan itu mengutarakan, aneka kegiatan serangkaian peringatan Bulan Bung Karno V tahun 2023 ini, bisa menjadi langkah untuk membentuk karakter patriotisme sejak dini pada anak, sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga :  Distan Denpasar Gandeng Yayasan BAWA Sisir Anjing Liar di Kelurahan Serangan, Lakukan Vaksin Rabies dan Sterilisasi

“Tentunya nilai-nilai dan juga dedikasi semangat perjuangan Bung Karno, untuk Indonesia, saya harapkan dapat ditransfer kepada generasi muda kini melalui pelaksanaan rangkaian lomba ini. Hal ini dilakukan agar kita semua terus mengingat jasa-jasa Bung Karno,” tegasnya.

Kegiatan Bulan Bung Karno V ini, tambah Ny. Ayu Kristi juga sebagai usaha untuk menguatkan pengamalan Pancasila dengan kearifan lokal masyarakat.

“Dengan mengimplementasikan ajaran berkepribadian dalam kebudayaan, kita harapkan juga nilai kearifan lokal masyarakat Kota Denpasar tetap dijunjung seiring dengan usaha untuk tetap berpegang pada pengamalan nilai dalam Pancasila,” pungkas Ny. Ayu Kristi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News