Serahkan Akta Semara Ratih

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Menjadi Program Unggulan yang paling diminati di Tabanan, Semara Ratih mendapat perhatian khusus dari Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M saat menghadiri undangan pawiwahan yang berlangsung secara roadshow di Banjar Tanah Pegat Desa Gubug dan Banjar Pangkung, Desa Delod Peken, Tabanan, Rabu (21/6/2023).

Dalam undangan yang juga dihadiri oleh Sekda, para Asisten Setda, Para Kepala OPD Terkait, Para Camat dan Perbekel setempat tersebut, Bupati Sanjaya sekaligus menyerahkan Akta Semara Ratih kepada kedua mempelai di kedua lokasi pernikahan. Kehadiran jajaran pemerintah saat itu disambut hangat oleh pihak keluarga mempelai Candra dan Rhea dari keluarga Bapak dr. I Nyoman Suratmika, M.Kes dan Keluarga Bapak I Gede Wira Adnyana di Br. Tanah Pegat, Desa Gubug, Tabanan dan pihak keluarga Andre dan Putri dari Keluarga I Ketut Gede Kusnawa dan keluarga I Dewa Gede Maharsika dari Banjar Pangkung, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan.

Untuk dapat diketahui, Program Semara Ratih merupakan inovasi program konseling pra-nikah yang dirancang pertama kali oleh Desa Tegalmengkeb yang saat ini diadopsi menjadi program Kabupaten Tabanan. Program ini menjadi sebuah solusi bagai para calon pengantin yang berada di Tabanan, untuk mempermudah pengurusan surat perkawinan.

Manfaat yang didapatkan masyarakat pun dapat dirasakan secara nyata. Dalam program ini, para calon pengantin akan melalui beberapa tahapan sebelum melangsungkan pernikahan. Di antaranya yakni memeriksakan diri terkait reproduksi kesehatan, edukasi tentang kehidupan berumah tangga di dinas adat setempat, hingga mendapat pemahaman dan pengarahan dari Babinkabtibmas dan pihak kepolisian terhadap antisipasi kekerasan dalam rumah tangga di masa perkawinan. Selanjutnya, para calon pengantin akan diarahkan ke Dinas Lingkungan Hidup guna penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah, sebagai simbol bertumbuhnya kehidupan dalam membina rumah tangga.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur Bangli

Terlibatnya dinas-dinas terkait dalam rangkaian program Semara Ratih ini, mendapat nilai lebih dan apresiasi dari Bupati Sanjaya. Pihaknya meyakini, kolaborasi dari semua dinas yang secara konsisten terlibat dalam program ini, akan mampu menjadikan Semara Ratih sebagai program yang populer dan menjadi contoh hingga di skala provinsi dan nasional. Terlebih, Semara Ratih jika dipahami secara sekala dan niskala, sangat berkorelasi dengan Visi Pemerintah Tabanan, menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Dari ke 12 akta samara ratih yang diserahkan pada ke 12 mempelai di Tabanan, Bupati Sanjaya secara simbolis serahkan 2 akta program.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan Atas LKPJ TA 2023

“Hari ini hari yang sangat berbahagia, Bapak didampingi Pak Sekda dan jajaran, khususnya Pak Capil yang jadi pemrakarsa. Penyerahan Program Semara Ratih oleh Bupati Tabanan. Jadi Program Semara Ratih ini, ritatkala melakukan sebuah perkawinan, yang tadi sudah dilalui secara niskala, mepamit dan natab di sanggah sudah selesai dan secara sekala kita dari Pemerintah langsung menyerahkan akta dan KTP. Sertifikat ini adalah rekomendasi sertifikat siap nikah dan siap hamil,” ujar Sanjaya sekaligus membubuhkan gurauan dalam wejangannya.

Inovasi Program Semara Ratih ini, disampaikannya, jika konsisten dilakukan akan menjadi satu-satunya di Indonesia, asli dari Tabanan. Berfokus dengan 1 program ini maka 5 menteri di Indonesia bisa memberikan penghargaan bagi Kota Tabanan. Baik dari BKKBN, Ketahanan Pangan, Lingkungan hingga Polri dan BIN.

Baca Juga :  Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang Bersama

“Semoga sukses dan bahagia dalam perkawinannya,” Sanjaya menambahkan, sembari memberikan ucapan selamat berbahagia dalam menempuh bahtera rumah tangga yang baru kepada kedua mempelai.

dr. I Nyoman Suratmika selaku pihak keluarga dari Candra saat itu menyambut langsung kehadiran jajaran. Pihaknya menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan Bupati Tabanan di Banjar Tanah Pegat.

“Kami pihak keluarga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Tabanan beserta jajaran, ini merupakan suatu kehormatan bisa mendapat perhatian langsung dari Pemerintah. terkait program semara ratih, putra putri kami juga merasakan langsung manfaat dan kemudahannya dalam pengurusan proses pernikahan, semoga program ini juga bisa diberlakukan di desa-desa lain di Tabanan dan bahkan di daerah lain di luar Tabanan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News