Kesiman
Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana bersama Kasrem 163 Wirasatya, Kolonnel Inf. Rusdian serta undangan lainya saat membuka secara resmi Kesimal Festival Tahun 2023 yang ditandai dengan pemotongan pita di Bali Arena Cantre, Kesiman, Jumat (9/6/2023) petang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana bersama Kasrem 163 Wirasatya, Kolonnel Inf. Rusdian membuka secara resmi Kesimal Festival Tahun 2023 yang ditandai dengan pemotongan pita di Bali Arena Cantre, Kesiman, Jumat (9/6/2023) petang dan akan berlangsung hingga 25 Juni mendatang. Kegiatan yang dikemas apik lewat ajang seni budaya, lomba-lomba, hiburan dan stand kuliner UMKM ini turut dihadiri Kepala BNN Kota Denpasar, Kombes Pol. I Ketut Adnyana Putera, Camat Denpasar Timur, I Made Tirana serta undangan lainya.

Diawali dengan Tari Saji Pepajengan, pembukaan kegiatan yang baru digelar untuk pertama kalinya ini berlangsung meriah. Tampak beragam penampilan musik, fashion show, kontemporer hingga kesenian lawak.

Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana usai pembukaan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Kesiman Festival ini. Menurutnya, Kesiman Festival yang diselenggarakan pada tahun 2023 memberikan kontribusi penting bagi penguatan sektor UMKM di Kota Denpasar. Dimana, festival ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM lokal untuk mempromosikan produk-produk mereka kepada khalayak yang lebih luas. Sehingga kedepannya dapat meningkatkan daya saing dan kesadaran masyarakat terhadap produk-produk lokal yang dihasilkan oleh UMKM di Kota Denpasar.

Selain itu, lanjut Alit Wiradana, Kesiman Festival juga memberikan ruang kreasi bagi para pelaku seni. Festival ini menjadi ajang untuk mengekspresikan karya-karya seni, baik itu tari, musik dan berbagai bentuk seni lainnya. Dengan demikian, festival ini mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Perkuat Upaya Bali Menuju Nol Emisi Bersih dengan Bangunan Impas Energi

“Kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi terhadap kerja keras dan dedikasi para penyelenggara, pelaku UMKM, dan pelaku seni yang telah berpartisipasi dalam Kesiman Festival. Kami berharap kegiatan ini akan terus mendorong pertumbuhan UMKM dan pelaku seni serta perkembangan industri kreati, menciptakan peluang ekonomi yang lebih baik, dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas dari para pelaku usaha lokal,” ujarnya

Danrem 163 Wirasatya, Brigjen TNI Agus M Latif, dalam sambutan yang dibacakan Kasrem 163 Wirasatya, Kolonnel Inf. Rusdian mengatakan, salah satu daya tarik yang dapat dilakukan bagi UMKM adalah pelaksanaan kegiatan. Sehingga melalui kegiatan Kesiman Festival ini merupakan wahana positif sebagai booster percepatan perputaran ekonomi untuk memajukan UMKM.

Baca Juga :  Kenali Proses Daur Ulang Limbah, Astra Motor Bali Gelar “Green Kalcer”  

“Saya berharap semoga kegiatan Kesiman Fest ini dapat didukung oleh seluruh masyarakat, sehingga dapat berjalan lancar dan memberikan kemanfaatan,” ujarnya.

Sementara, Ketua LPM Kelurahan Kesiman, I Ketut Mudita mengatakan, pelaksanaan Kesiman Festival ini bertujuan untuk membangun Kesiman dari segi adat, tradisi dan budayannya. Dimana, pelaksanaannya dikemas dengan beragam kegiatan selama 17 hari hingga 25 Juni mendatang. Sehingga secara berkelanjutan mendukung persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Tentunya ini sangat positif untuk membangkitkan regenerasi. Mudah-mudahan ini dapat dilaksanakan secara berkesimambungan,” ujarnya.

Baca Juga :  Sosialisasi Anti Gratifikasi, Komitmen Pemkot Denpasar Tingkatkan Transparansi Pengadaan Barang Jasa dan Pendidikan

Lebih lanjut dikatakan, Kesiman Fest tahun ini merupakan kegiatan pertama. Dimana, pelaksanaannya dikemas dengan beragam kegiatan. Mulai dari aksi sosial pengobatan, band competition, lomba makan nasi jinggo, penampilan musik dan band, penampilam kesenian kontemporer, penampilan lawak, hiburan artis Bali, pementasan Calonarang dan stand kuliner UMKM. Tak hanya itu, kegiatan ini juga memberikan ruang kreasi bagi penyandang disabilitas.

“Semoga kegiatan ini bisa didukung dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News