Hari Lahir Pancasila
Sambut Bulan Bung Karno dan Hari Pancasila 2023, Bupati Sedana Arta Gelar Apel. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta memimpin langsung apel peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 dengan mengusung tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’ yang sekaligus dirangkaikan dengan pembukaan Bulan Bung Karno tahun 2023, dengan tema ‘Maha Jnana Segara Kerthi’ yang memiliki makna ‘Pemuliaan Laut, Danau Pendalaman ajaran Bung Karno’, Kamis (1/6/2023).

Apel yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Bangli, turut dihadiri oleh Pimpinan Forkompinda Kabupaten Bangli, Wakil DPRD I Komang Carles, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangli, unsur TNI/ Polri, ASN dan perwakilan siswa.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Pelatihan GTA dan DEA di Kabupaten Bangli

“Keberadaan Pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” jelas Sedana Arta dalam pidatonya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai- nilai insklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Kapten Anak Agung Gede Anom Mudita

“Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Dirinya berharap, ke depan Bangsa Indonesia akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik, dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga :  Alun-alun Bangli Dinobatkan Sebagai Taman Kota Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023

Bupati Bangli menambahkan, seperti yang telah dilakukan di Kabupaten Bangli, selama dua tahun kepemimpinannya, berkat pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan nilai toleransi dan gotong royong yang tinggi, berbagai lompatan pembangunan telah dilaksanakan, ini membuktikan bahwa masyarakat Bangli sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

“Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023 ini, dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” tutupnya. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News