Marketing Digital
Pentingnya Strategi Pemasaran Digital dalam Memulai Usaha. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM Perkembangan dunia digitalisasi membuat cara pandang seseorang terhadap semua hal terus mengalami perubahan. Termasuk cara penilaian seseorang terhadap suatu produk yang diingikan dan cara mendapatkannya. Sehingga para pelaku usaha atau pun pemilik perusahaan dituntut harus benar-benar menguasai strategi pemasaran yang paling terbaru guna meningkatkan produksi, penjualan, dan loyalitas pelanggan terhadap merk yang dikeluarkan pemilik usaha atau perusahaan.

Sebagai dasar pemahaman awal, pemasaran pada dasarnya mempunyai fungsi untuk mencari pembeli atau pelanggan. Selain itu pemasaran sudah dimulai jauh sebelum barang-barang yang diproduksi ada dan tidak berakhir setelah penjualan. Maka dengan begitu seluruh rantai kegiatan perusahaan harus memberikan kepuasan pada konsumen yang berkesinambungan.

Pemasaran juga berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan, mengidentifikasi dan mengukur, menentukan target pembeli yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk atau jasa dan program-program yang sesuai untuk melayani target-target ini. Kesuksesan bisnis sangat tergantung kepada usaha pemasar dalam memberikan kepuasan kepada target yang ingin dituju.

Sehingga harus memahami kebutuhan dan keinginan mereka dan membantu perusahaan-perusahaan agar menerjemahkan ke dalam pemecah sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Perusahaan-perusahaan pintar sekarang tidak hanya melihat penjualan namun mereka menginvestasikan diri dalam hubungan jangka panjang yang saling memuaskan dengan pelanggan atau konsumen yang didasarkan atas kualitas pelayanan dan nilai yang diberikan.

Baca Juga :  Jadi Pengelola PIP Terbaik, Pj Bupati Lihadnyana Raih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Strategi pemasaran adalah rencana yang disusun oleh sebuah organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran dan memenangkan persaingan di pasar. Sehingga pelaku usaha harus bisa mempelajari berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk membangun keunggulan bersaing serta mencapai kesuksesan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

Salah satu strategi pemasaran yang penting adalah segmentasi pasar. Melalui segmentasi, organisasi dapat membagi pasar menjadi kelompok yang lebih kecil dan homogen berdasarkan karakteristik demografis, geografis, psikografis, atau perilaku. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan produk, harga, dan promosi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi setiap segmen meningkatkan efektivitas pemasaran.

Selain segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar juga merupakan langkah penting dalam strategi pemasaran. Organisasi perlu memilih segmen pasar yang menjadi target utama mereka, di mana mereka memiliki keunggulan kompetitif dan peluang pertumbuhan yang baik. Dalam hal ini pelaku usaha dituntut harus belajar untuk melakukan analisis pasar yang komprehensif dan menentukan sasaran pasar yang tepat.

Setelah menentukan sasaran pasar, organisasi perlu merancang bauran pemasaran atau Marketing mix. Bauran pemasaran terdiri dari 4 elemen utama Dimana ada produk, harga, promosi, dan distribusi. Pelaku usaha akan mempelajari strategi produk, termasuk pengembangan produk baru, diverifikasi, dan diferensiasi. Mereka juga mempelajari strategi penetapan harga yang tepat, promosi yang efektif, dan distribusi yang efisien untuk mencapai target pasar dengan baik.

Dalam strategi pemasaran juga penting untuk mempertimbangkan pemasaran digital. Dalam era yang terus berkembang secara digital, organisasi perlu memanfaatkan platform online dan media sosial untuk mencapai audiens yang lebih luas dan membangun interaksi dengan pelanggan. Pelaku usaha mempelajari strategi pemasaran digital seperti pemasaran melalui mesin pencarian, iklan online, media sosial, dan pemasaran konten.

Pemasaran digital adalah salah satu strategi yang efektif untuk menarik konsumen. Hal ini dikarenakan manfaat yang diperoleh tidak hanya sebatas tempat untuk mempromosikan produk dan kelengkapan informasi yang diperoleh, tetapi juga memungkinkan untuk penyebarluasan informasi yang lebih interaktif, menciptakan awareness terhadap perusahaan dan produk, serta memperoleh informasi sebagai acuan untuk melakukan riset pasar. Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan lainnya sebagai wadah untuk menjual produk merupakan langkah yang tepat.

Baca Juga :  Pentingnya Literasi Keuangan Perempuan Bagi Perekonomian Keluarga dan Negara, OJK Gelar Edukasi Keuangan BUNDAKU

Menurut Heidrick & Struggles (2009) Pemasaran Digital menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh. Banyaknya pemasaran digital yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh, apa saja itu?

Adapun kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional yakni kecepatan penyebaran, kemudahan evaluasi, jangkauan lebih luas, murah efektif, dan membangun nama brand. Kemudian langkah menyusun strategi pemasaran digital yang baik dan efektif yakni diawali dengan mendefinisikan tujuan bisnis anda, kenali target audience, pilih platform digital yang tepat, buat isi konten yang berkualitas, dan terakhir gunakan data untuk mengukur keberhasilan.

Selain itu ada beberapa tips yang bisa membantu permudah menjalankan strategi pemasaran digital seperti menggunkan alat analitik, ciptakan pengalaman yang konsisten, berikan nilai tambah, gunakan visual yang menarik, dan pelajari pesaing.(Nyoman Darma Wibawa Mahasiswa Jurusan Ilmu Manajemen Program S2 Undiksha)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News