Upacara Jana Kerthi
Pemkab Jembrana Gelar Upacara Jana Kerthi Rahina Tumpek Landep di Pura Niti Praja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka pelaksanaan Hari Suci Tumpek Landep, Pemerintah Kabupaten Jembrana yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, I Made Budiasa berserta para Asisten dan Kepala OPD terkait melaksanakan persembahyangan bersama dengan upacara Jana Kerthi di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana, Sabtu (3/6/2023) pagi.

Hari Tumpek Landep yang jatuh setiap enam bulan sekali tersebut dikhususkan untuk memohon keselamatan pada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati).

Sebelum persembahyangan, terlebih dahulu digelar ucapara pembersihan terhadap Benda Pusaka, yaitu Bajra Acintya, Keris Pejenengan Jembrana, dan Keris Agni sebagai Benda Pusaka yang ada di Pemkab Jembrana.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, I Made Tarma mengatakan Tumpek Landep merupakan hari suci yang dilaksanakan umat Hindu sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dalam manifestasinya telah memberikan ketajaman pikiran kepada manusia.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Dewa Yadnya Krama Desa Adat Cepik

“Adapun ketajaman itu layaknya senjata yang terbentuk lancip/runcing seperti keris, tombak dan pedang,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekda I Made Budiasa, dimana hari Tumpek Landep sebagai momentum untuk mempertajam cita, budhi dan manah (pikiran).

“Dengan begitu kita bisa selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai-nilai agama dalam melaksanakan swadharma sesuai dengan Visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana dalam mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Budiasa menuturkan terkait upacara Jana Kerthi, Jana Kerthi berarti penyucian diri. Ia pun mengajak seluruh masyarakat Jembrana untuk melaksanakan upacara Jana Kerthi ini selain persembahyangan tumpek landep sebagai tahap penyucian diri.

Baca Juga :  Pertama di Bali, Seribu UMKM Jembrana Dapat Sertifikat Halal

“Mari kita sucikan diri kita agar lebih diberikan penajaman pikiran untuk melakukan hal-hal yang baik dilingkungan kita,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News