Kunker
Pelajari Program Ekonomi Kreatif dan Kerajinan, Pemkot Tangsel Kunjungi Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bermaksud mempelajari program seputar ekonomi kreatif dan juga sektor pengembangan kerajinan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang dipimpin Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), H. Pilar Saga Ichsan, melakukan kunjungan kerja ke Kota Denpasar.

Rombongan tersebut diterima oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Senin (26/6/2023) di Ruang Praja Utama, Kantor Wali Kota Denpasar.

Hadir pula mendampingi dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua Dekranasda Kota Tangerang Selatan, Ny. Raden Roro Truetami Ajeng Pilar Saga Ichsan, beserta jajaran Disperindag serta Dekranasda kedua kota tersebut.

Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini menurut Wawali Tangsel, H. Pilar Saga Ichsan untuk menggali pengetahuan mengenai berbagai program yang dimiliki Dekranasda Kota Denpasar dan juga pada sektor ekonomi kreatif.

Baca Juga :  WINGS Food Sediakan Pondok Rehat di Jalur Mudik, Pemudik Wajib Tahu

“Kami melihat Kota Denpasar memiliki sektor ekonomi kreatif dan juga program unggulan di Dekranasda. Hal inilah yang ingin kami pelajari serta diadopsi untuk kami bawa ke Kota Tangsel,” ungkap H. Pilar Saga.

Sebagai wilayah pemekaran dari Kabupaten Tangerang, dan pada usianya yang masih sangat muda, yakni 15 tahun, H. Pilar Saga mengatakan masih banyak hal yang harus dibenahi serta dipelajari oleh Kota Tangsel. Saat ini masih berupaya untuk mencari identitas, produk dan kerajinan apa yang bisa difokuskan serta diunggulkan untuk bisa mendongkrak sektor perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  JNE Terima Penghargaan Tebar Sejuta Al Quran dari Baitul Maal Hidayatullah

“Daerah kami ini multi etnis, dimana banyak terjadi kulturasi budaya. Selain itu, usia yang masih muda juga menjadi faktor dimana kami hingga saat ini masih menentukan produk apa yang bisa kami fokuskan dan unggulkan. Sehingga kami berharap, lewat kunker ini kami bisa mendapat gambaran serta ilmu dari Kota Denpasar terkait hal itu,” ucap H. Pilar Saga lagi.

Di lain sisi Wawali Kota Denpasar, Arya Wibawa mengatakan, Kota Denpasar siap untuk berbagi ilmu dan juga melakukan kolaborasi dengan wilayah lainnya, tak terkecuali Kota Tangsel.

Kota Denpasar, imbuh Arya Wibawa saat ini masih terus berinovasi serta melakukan terobosan untuk semakin meningkatkan sektor ekonomi kreatif dan juga UMKM.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Explora FBTSH Universitas Bali International

“Dalam situasi seperti ini, sesuai arahan Bapak Wali Kota Denpasar, bentuk kolaborasi sangat diperlukan terutama di sektor ekonomi kreatif. Kami siap untuk berbagi ilmu dan juga pengalaman seputar ekonomi kreatif dan program Dekranasda, serta berkolaborasi dengan wilayah lain dalam kaitannya dengan pengembangan sektor ekonomi kreatif dan juga kerajinan,” papar Arya Wibawa.

Ruang kreatifitas untuk anak anak muda serta pelaku kerajinan, lanjut Arya Wibawa terus diupayakan oleh Pemkot Denpasar. Salah satunya melalui pembangunan Gedung DNA yang seringkali digunakan sebagai tempat acara pertunjukan seni maupun pameran kerajinan.

Di akhir pertemuan, kedua pihak menyempatkan diri untuk saling bertukar cinderamata yang merupakan kerajinan khas masing-masing daerah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News