Budidaya Lele
Maksimalkan Hasil Budidaya Lele, Pemkot Denpasar Gelar Monitoring Demplot. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP), menggiatkan Monitoring Demplot Padat Tebar Ideal, sebagai langkah untuk mengetahui idealnya kepadatan ikan yang dibudidayakan.

Kegiatan ini dilaksanakan di area Kelompok Pembudidaya Ikan Minadi Lestari, Kelurahan Sesetan pada Selasa (6/6/2023).

Saat dihubungi, Plt. Kabid Pemberdayaan dan Pengelolaan Pembudidayaan Ikan DPKP Kota Denpasar, Ni Made Rai Sumarni menjelaskan, pelaksanaan pendampingan dan monitoring ini bertujuan untuk mencari tahu tingkat kepadatan ikan di Kolam Terpal dengan diameter 3 meter.

“Monitoring demplot ini memang diupayakan untuk bisa mengetahui kepadatan ikan pada kolam. Untuk jenis ikannya sendiri adalah Lele,” ungkap Rai Sumarni.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Kembali Adakan Sekolah PKH Bagi 100 Orang KPM, Bekali Keterampilan Untuk Capai Kemandirian Ekonomi

Setidaknya, kata Rai Sumarni ada 8 kolam terpal bulat yang dimonitoring, dengan beberapa metode perlakuan yang dilakukan. Antara lain, para petugas melakukan pengecekan kualitas air kolam yang meliputi suhu, pH, amonia test dan nitrit test.

“Kami juga lakukan pengamatan kesehatan ikan secara visual, mengecek pemberian pakan ikan, dan juga proses pergantian air kolam,” kata Rai Sumarni.

Selain itu, terdapat monitoring grading ikan atau dikenal dengan sortir ikan, yang dilakukan sesuai dengan masa pertumbuhan ikan-ikan tersebut.

“Rencananya, ikan Lele ini akan kita panen parsial tahap 2 pada 9 Juni mendatang, setelah melewati masa pemeliharaan 2 bulan lamanya. Pada tahap 1 akhir Mei lalu, kita berhasil memanen 126 kg, dengan size 6 sampai 8 ekor/kg,” imbuh Rai Sumarni.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News