Unud
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana Mengikuti Sakura Science Exchange Program di Tohoku University. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEPANG – Sakura Science Exchange Program merupakan program tahunan mengundang civitas akademika dari berbagai negara yang diselenggarakan oleh Japan Science Technology (JST) sejak tahun 2014.

Sakura Program ditujukan agar peserta program ini dapat bertukar sains dan teknologi terbarukan di Jepang. Pada tahun ini, Universitas Udayana dan Universitas Indonesia berkolaborasi dengan Tohoku University yang diwakili oleh Takuya Mabuchi, Ph.D. untuk mengikuti program ini.

Empat mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, yaitu Amelia Situmorang, Wilcent, Nabiel Rafa Angel Bhaswara, dan Kadek Dananta Jayendra dengan dosen pembimbing Prof. Dr.Eng. Ir. Made Sucipta, ST., MT., IPM., sangat antusias mengikuti program ini.

Program ini berlangsung selama 7 hari dari 11-17 Juni 2023 dengan beberapa agenda kegiatan, yaitu workshop tentang fenomena molekuler dengan menggunakan simulasi berbasis Molecular Dynamics, kunjungan ke beberapa laboratorium di lingkungan Tohoku University di Kota Sendai – Miyagi Prefecture, penjajagan kerjasama riset, dan pada hari terakhir, program workshop dilaksanakan di National Institute of Technology of Hachinohe College di Kota Hachinohe – Aomori Prefecture.

Baca Juga :  BASABali Wiki Gelar Konferensi Pemuda Bali, Perkuat Peran Pemuda dalam Menyikapi Isu Publik dan Melestarikan Budaya

Pada pembukaan program ini, Takuya Mabuchi, Ph.D. berharap dapat menjalin kerjasama lainnya pada tahun berikutnya, tidak hanya bidang student exchange tetapi juga dalam bidang Visiting Lecturer Program dan/atau kolaborasi riset antara Universitas Udayana, Universitas Indonesia, dan Tohoku University. (ubud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News