CSR
Komitmen Implementasi CSR Berkelanjutan, Pertamina Raih Dua Penghargaan TOP CSR Award 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Upaya menjalankan komitmen implementasi CSR berkelanjutan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Fuel Terminal Sanggaran kembangkan program Turtle Conservation and Education Center (TCEC) di Serangan, Denpasar.

Program yang sudah memasuki tahun ke empat pembinaan ini telah mewujudkan komitmen kepedulian terhadap lingkungan melalui program CSR dengan konsep pembinaan Konservasi Penyu Berbasis Masyarakat Serangan. Beberapa kegiatan pembinaan telah dilaksanakan, mulai dari pemberian pakan, monitoring, capacity building dan rebranding yang diharapkan dapat menstimulasi TCEC sebagai konservasi binaan Fuel Terminal Sanggaran dalam pelestarian penyu. Adapun target program TCEC ini mengembalikan Pulau Serangan sebagai tempat bertelurnya penyu dan penetasan telur penyu.

Berkat tingginya komitmen PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dalam mengimplementasikan program CSR kepada masyarakat sekitar perusahan ini banyak mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya adalah penganugerahan TOP CSR Awards 2023 yang berhasil diraih PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Fuel Terminal Sanggaran yang digelar di Dian Ballroom – Rafless Hotel, Jakarta, Rabu (7/6/2023) lalu.

Acara penganugerahan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 400 orang tamu undangan yang terdiri dari direksi serta divisi CSR/TJSL perusahaan. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh 8 orang dewan juri TOP CSR Award yang terdiri dari akademisi, penggiat serta konsultan CSR dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Baca Juga :  Tiga Bulan Pertama 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 5,1 Juta Penumpang

Dalam ajang ini, Fuel Terminal Manager Sanggaran, Adhi Sadewo dinobatkan sebagai TOP Leader on CSR Commitment 2023. Penghargaan ini diberikan kepada Busines Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan, yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan kebehasilan implementasi CSR di perusahaan. Sistem kebijakan, tata kelola, dan keberhasilan CSR di perusahaan, akan sulit dijalankan secara efektif, jika Top Business Leader-nya tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap CSR.

Selain itu, Fuel Terminal Sanggaran juga mendapatkan penghargaan sebagai TOP CSR Awards 2023 #Star 4 (bintang 4). CSR Fuel Terminal Sanggaran mendapatkan predikat ‘SANGAT BAIK’, terutama terkait dengan Keselarasan CSR dengan Strategi Pertumbuhan Bisnis Perusahaan, dengan Inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan ISO 26000 SR serta sebagian besar programnya mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Baca Juga :  Nelu by Stuja Hadir di Bali, Buka Gerai Pertama untuk Manjakan Pencinta Pastry

Sebelumnya, telah dilakukan presentasi untuk memenuhi penjurian program penganugerahan TOP CSR Award oleh tim Fuel Terminal Sanggaran (14/4). Presentasi yang berjudul ‘Sinergi Energi untuk Keselarasan Bumi Dewata’ menjelaskan implementasi CSR Fuel Terminal Sanggaran yang telah sejalan dengan tata Kelola, strategi bisnis dan ISO 26000. Pemaparan program CSR difokuskan mengupas langsung keberhasilan perjalanan Konservasi Penyu berbasis masyarat Serangan (sering menyebutnya Turtle Conservation and Education Center/TCEC Serangan) yang berkontribusi pada 4 sustainability compass yaitu lingkungan, kesejahteraan, ekonomi dan sosial. Selain itu, melalui program ini mampu mendukung pada SDGs Poin 8 terkait pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta Poin 15 tentang ekosistem daratan. Dampak program terlihat nyata dari penyerapan 13 tenaga kerja lokal Kelurahan Serangan, tingginya pendapatan kelompok melalui konservasi pasca pandemic dan pelestarian 3 jenis penyu dilindungi: Penyu Sisik, Penyu Hijau dan Penyu Lekang.

“Penganugerahan TOP CSR Award tahun ini merupakan apresiasi sekaligus motivasi bagi Fuel Terminal Sanggaran untuk semakin berkomitmen dalam implementasi program-program CSR yang menjadi kewajiban perusahaan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan,” terang Adhi Sadewo Broto, Fuel Terminal Manager Sanggaran.

Baca Juga :  Workshop K-MBSS Dorong Pengembangan Layanan Kesehatan Wellness dan Estetika di RSUD Prof. Ngoerah

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat Energizing Community. Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami, khususnya PT Patra Niaga Regional Jatimbalinus Fuel Terminal Sanggaran untuk terus melaksanakan program-program CSR dalam TJSL yang berdampak baik bagi internal perusahaan dan masyarakat. Pada kesempatan ini tentunya kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada PT Madani Solusi Internasional, MSI Group selaku pihak penyelenggara dan tentunya kepada jajaran pemerintah daerah terkait, lembaga sosial kemasyarakatan serta kelompok masyarakat yang terus berdampingan bersama Pertamina dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” tutup Ahad.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News