Komitmen Berbagi
Komitmen Berbagi ke Seluruh Kecamatan, Rai Wahyuni Sanjaya Kembali Menyapa Warga Pupuan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tak diragukan lagi, komitmen Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M dalam memberikan bantuan dan perhatian kepada masyarakat di seluruh kecamatan di Tabanan secara merata, menjadi tekad kuat yang terus dikedepankan. Terbukti pada hari ini, Jumat (16/6/2023) pihaknya kembali hadir di tengah-tengah warga Kecamatan Pupuan melalui aksi sosial “Menyapa dan Berbagi” yang secara berkesinambungan terus dilakukan.

Berlangsung di GOR Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan, dan diikuti oleh Sekretaris PKK Kabupaten Tabanan, serta dihadiri oleh Camat Pupuan, Kadis BPMD, Perbekel Batungsel dan Ketua TP PKK Kecamatan Pupuan, bantuan berupa kebutuhan pokok seperti beras, telur, susu serta kebutuhan pokok lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan anak-anak di Kecamatan Pupuan.

Bunda Rai Wahyuni melalui arahannya menyampaikan, bahwa kunjungannya tak lepas dari kerinduan yang dirasakannya kepada masyarakat Pupuan. Kesempatan bertatap muka ini juga menjadi kesempatan untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya mengakui, program yang telah berlangsung semenjak masa pandemi Covid-19 hingga saat ini, dirasa mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, meskipun tidak banyak, namun perhatian pemerintah sangat bisa dirasakan.

“Kedatangan saya hari ini adalah untuk mengobati kerinduan dan meskipun dengan bantuan ini nanti, sudah pasti tidak bisa menjangkau seluruhnya, tapi nanti saya akan bertahap membantu, mungkin tahun depan program ini akan terus saya lanjutkan agar bisa terus membantu semeton-semeton, lansia, ibu-ibu hamil, alit-alit yang kekurangan gizi dan kader PKK yang merupakan ujung tombak yang akan melanjutkan 10 program pokok PKK, yang saya harapkan bantuannya untuk meneruskan program-program kita di PKK,” ungkap Bunda Rai pagi itu.

Baca Juga :  ‘Pemprov Bali Hadir’ Bantu Dua Warga Kurang Mampu di Baturiti

Srikandi Nomor 1 di Tabanan itu juga menjelaskan, bahwa kehadirannya tak hanya berfokus dalam memberikan bantuan saja, namun sekaligus untuk bersosialisasi terkait masalah-masalah yang menjadi kendala dalam pembangunan di Tabanan.

“Di kesempatan ini, karena kita jarang bertemu dan bertatap muka, sekaligus saya akan mensosialisasikan program kita di PKK, karena ini adalah tugas kita bersama, untuk menyejahterakan keluarga, tak hentinya saya mengajak ibu, untuk bagaimana kita selalu mensosialisasikan yang pertama, yaitu Hatinya PKK, apalagi setelah covid ini, paling tidak kalau kita laksanakan terus, kita bisa membantu menekan pengeluaran keluarga,” ujarnya.

Baca Juga :  Jumat Ceria Bersama Bupati Tabanan

Bunda Rai berpesan, bantuan-bantuan dari Provinsi kepada masyarakat seperti bibit sayuran dan hewan ternak agar dapat dipantau dan dikontrol pemeliharannya, sehingga bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, begitupun pengelolaan sampah rumah tangga dengan metode eco-enzyme yang sejatinya dapat dipelajari dan diterapkan dengan segera. Ada 3 hal yang menjadi fokus perhatian Ny. Rai Sanjaya dalam 10 program pokok PKK yang patut mendapat atensi khusus. Yakni, program Aku Hatinya PKK, sosialisasi terkait sampah dan penekanan angka stunting di Tabanan.

“Terkait dengan masalah stunting, itu menjadi fokus pekerjaan kita, fokus ke tiga pekerjaan itu dulu, terutama yang saya harapkan masalah stunting ini, bagaimana agar nanti di Kabupaten Tabanan stunting itu bisa kita tekan lagi, sudah ada penurunan, artinya pekerjaan ibu-ibu semua sukses, Cuma perlu ditingkatkan lagi. Kita ajak juga dari posyandu, rutin berjalan ke sini setiap bulan, bersama-sama kita sosialisasikan permasalahan stunting ini,” paparnya lebih lanjut.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Pihaknya terus menekankan, agar ketiga fokus program tersebut dapat ditindaklanjuti dan terus disosialisasikan.

Kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan saat itu mendapat sambutan yang hangat dan antusias dari warga Desa Batungsel, kecamatan Pupuan. Ny. Dwi Wahani Wirawan selaku ketua TP PKK kecamatan Pupuan juga ungkapkan terima kasihnya atas perkenan Ibu Bupati datang serta memberikan bantuan untuk masyarakat.

“Kami ucapkan selamat datang dan matur suksema, kepada Ibu Ketua TP PKK Kabupaten yang telah berkenan hadir di tengah-tengah kami, khususnya di tengah-tengah kader PKK, lansia, Ibu hamil dan balita penerima manfaat aksi sosial di Kecamatan Pupuan. Penerima manfaat aksi sosial yang hadir saat ini ada dari Kader PKK sebanyak 140 orang, Balita 25 orang, Lansia 25 orang dan Ibu hamil 20 orang,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News