Festival Lingkungan Astra 2023
Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Catur Endah Prasetiani (di panggung, kiri), serta Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah (di panggung, kanan), saat flag-off rangkaian karnaval Festival Lingkungan Astra 2023 di Kampung Berseri Astra (KBA) Rempoah, Banyumas, Jawa Tengah pada Minggu (25/6/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAWA TENGAH – Astra menyelenggarakan Festival Lingkungan Astra 2023 bertajuk Jaga Bumi, Jamin Masa Depan pada Minggu (25/6/2023) sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan di Kampung Berseri Astra (KBA) Rempoah, Banyumas, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Catur Endah Prasetiani, Bupati Kabupaten Banyumas, Ir. Achmad Husein, serta Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

“Secara khusus kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Astra yang telah menginisiasi rangkaian Festival Lingkungan Astra 2023 sebagai bukti kepedulian dalam melaksanakan tugas pembangunan kehutanan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami mengharapkan komitmen ini dijaga keberlanjutannya, serta dapat menghasilkan inovasi guna mendukung pengelolaan perhutanan sosial,” ujar Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Catur Endah Prasetiani.

“Astra secara konsisten menyelenggarakan Festival Lingkungan Astra sejak tahun 2018, dengan harapan dapat mengajak seluruh generasi untuk sadar dan peduli terhadap isu-isu lingkungan. Pelestarian bidang lingkungan menjadi salah satu fokus Astra berlandaskan prinsip-prinsip berkelanjutan yang selaras dengan nilai-nilai pada Sustainable Development Goals untuk dapat memberikan manfaat bagi bumi dan masa depan Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

Baca Juga :  Pertamina Mandalika International Circuit Jadi Magnet Pariwisata Olahraga, Baru Setahun Sudah 200 Hari Terpesan untuk Gelaran Event Otomotif

Rangkaian kegiatan Festival Lingkungan Astra 2023 dilaksanakan sejak 24—25 Juni antara lain Jambore Adiwiyata Astra, diikuti oleh lebih dari 500 siswa Adiwiyata, Eco Amazing Race, dengan mengajak generasi muda untuk belajar pelestarian lingkungan seperti budi daya maggot, hidroponik, hingga konservasi energi melalui mikrohidro, penanaman pohon produktif secara simbolis dilakukan di lahan seluas 100 hektare di Kabupaten Banyumas, serta peresmian pemasangan panel surya untuk mendukung aktivitas di peternakan komunal KBA Rempoah.

Pada kesempatan yang sama, Astra melakukan kegiatan Kick-Off Komitmen Sinergitas Desa Sejahtera Astra (DSA) bersama Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Baca Juga :  ITDP Bersama Kementerian Perhubungan dan ViriyaENB Luncurkan Studi Peta Jalan dan Program Insentif Nasional Elektrifikasi Transportasi Publik Perkotaan Berbasis Jalan

Astra Untuk Indonesia Hijau

Sepanjang tahun 2022, Astra kembali melakukan berbagai kontribusi keberlanjutan untuk lingkungan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan perubahan iklim, meliputi upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, serta kampanye dan aksi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan.

Pada mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, Astra berupaya menurunkan emisi gas rumah kaca melalui program Astra Green Energy, terpasang panel surya dengan total kapasitas 10.9 MWp, dan berhasil menurunkan penggunaan energi sebesar 1.800 Terajoule. Jika dirupiahkan, penghematan biaya operasional senilai Rp127 miliar dengan total penurunan gas rumah kaca sebesar 235.000 ton CO2eq.

Baca Juga :  PLN UID Bali Pastikan Keandalan Listrik Jelang World Water Forum ke-10

Astra juga melakukan penanaman pohon sebanyak 388.631 terdiri dari tanaman keras, mangrove, dan buah langka. Di sisi lain, penanaman pohon dan konservasi dalam upaya mitigasi perubahan iklim, dilakukan melalui skema terpadu dalam Program Carbon Offset.

Untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mitigasi perubahan iklim, Astra turut melakukan pembinaan di 170 Kampung Berseri Astra dengan 78 di antaranya merupakan kampung berpredikat Proklim.

Selain melakukan pembinaan berbasis wilayah, Astra juga melakukan pembinaan lain dengan membentuk Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia. Hingga saat ini, telah terbentuk 26 HPAI yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia yang terdiri dari 390 penggiat Adiwiyata.

Kontribusi Astra dalam pelestarian keberlanjutan lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia, sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News