Penyerahan Hadiah
Penyerahan Hadiah serangkaian Lomba Poster Digital, Lomba Fotografi dan Serasehan yang digelar Kecamatan Denpasar Utara dalam memeriahkan Bulan Bung Karno V Tahun 2023 pada Sabtu (24/6/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Beragam kegiatan digelar Kecamatan Denpasar Utara dalam memeriahkan Bulan Bung Karno V Tahun 2023. Kegiatan tersebut mulai dari Lomba Poster Digital, Lomba Fotografi dan Serasehan yang digelar pada Sabtu (24/6/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar, A.A Gede Dharma Putra Atmaja, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Denpasar, I Gede Wirakusuma Wahyudi, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, Direktur Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma, I.B Gede Arsana, Perbekel/Lurah se-Kecamatan Denpasar Utara dan para peserta lomba.

Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, saat dikonfirmasi menjelaskan, Bulan Juni saat ini diperingati sebagai Bulan Bung Karno. Pelaksanaan Bulan Bung Karno di Kecamatan Denpasar Utara mengacu kepada Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Bulan Bung Karno di Kota Denpasar yang mana merupakan turunan dari Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali.

Lebih lanjut dijelaskan, pada pelaksanaan Bulan Bung Karno Tahun 2023 ini, Kecamatan Denpasar Utara menyelenggarakan 3 kegiatan antara lain Lomba Poster Digital, Lomba Fotografi dan Sarasehan dengan Tema “Desain, Digital dan Bung Karno”. Hal ini mengingat pada era saat ini ketertarikan generasi muda dalam mengikuti tiga lomba ini sangatlah tinggi.

Baca Juga :  BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024

“Pada era yang maju ini ketertarikan generasi muda terhadap poster digital dan fotografi dirasa sangat banyak, oleh sebab itu Kecamatan Denpasar Utara berusaha hadir dan memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada komunitas desain digital dan fotografi untuk berkompetisi secara sehat,” ujarnya.

Yusswara mengatakan, Lomba Poster Digital pada tahun ini adalah kali kedua yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2022. Lomba Poster Digital tahun ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari mahasiswa, pelajar SMA/SMK yang berada di wilayah Kota Denpasar. Sedangkan Lomba Fotografi yang kali pertama diadakannya tahun ini diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari berbagai kalangan yakni umum, mahasiswa dan pelajar SMA/SMK.

Baca Juga :  Wujudkan Keanggotaan yang Berperan Aktif dan Berkontribusi, Pj Gubernur Bali Kukuhkan Kepengurusan PWRI Provinsi Bali 2024-2029

Pihaknya menambahkan, tahapan pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei 2023 sampai dengan 6 Juni 2023. Penjurian dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 9 Juni 2023 oleh Dewan Juri yang beranggotakan Made Gde “Jango“ Perama Artha, Ida Bagus “Monez” Ratu Antoni Putra, Dewa Gede “Raka Jana” Nuraga untuk Lomba Poster Digital dan Ida Bagus Andi Sucirta, I Made Bayu Pramana dan Kadek Wigunantara Eka Putra untuk Lomba Fotografi.

“Semoga melalui kegiatan ini, selain memeriahkan Bulan Bung Karno, juga dapat memberikan ruang kreatifitas bagi seniman muda Denpasar, khususnya di bidang poster digital dan fotografi,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada Lomba Poster Digital, Juara I diraih oleh Hans Budi Liemantara, Juara II diraih oleh Made Dwi Mulyawan, Juara III diraih oleh I Made Yoga Sanjaya dan Juara Favorit jatuh kepada Dewa Gede Ari Yoga, sedangkan pada Lomba Fotografi Juara I diraih oleh A.A Ngurah Gede Yudiantara, Juara II diraih oleh Ida Bagus Revandra S., Juara III diraih oleh M. Abu Hasan dan Juara Favorit jatuh kepada Gede Darmawan. Pada perayaan Bulan Bung Karno tahun ini Kecamatan Denpasar Utara juga menyusun sebuah buku yang berisi karya peserta lomba serta antologi Puisi Bahasa Bali oleh Bunda Literasi se-Kecamatan Denpasar Utara yang diserahkan langsung kepada Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, S.E oleh Camat Denpasar Utara.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan Tata Kelola Keuangan yang Tertib, Transparan dan Akuntabel

Sebagai penutup Bulan Bung Karno Tahun 2023, Kecamatan Denpasar Utara juga menggelar Pameran 10 Karya Terbaik Poster Digital Tahun 2022 dan 2023 serta 5 Karya Terbaik Fotografi Tahun 2023 di Ruang Pameran Gedung Dharma Negara Alaya. Selamat kepada para pemenang! Tetaplah berkreasi dan sampai jumpa tahun depan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News