Abdi Yasa
Sekda Alit Wiradana Buka Kegiatan Pembinaan dan Pemilihan Abdi Yasa Teladan 2023 Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna mendudukkan Insan Awak Kendaraan Umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya dan untuk membangun sikap dan perilaku serta mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu-lintas jalan sebagai wujud aktualitas, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan Kota Denpasar mengadakan kegiatan Pembinaan dan Pemilihan Abdi Yasa Teladan tahun 2023, Senin (29/5/2023) di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Kegiatan ini di buka Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis. Hadir juga pada kesempatan ini Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar, Eko Supriadi, Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan dan elemen porkopinda Kota Denpasar.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kota Denpasar sebagai pusat pemerintahan provinsi Bali, pusat perdagangan, pendidikan dan pariwisata, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan volume lalu lintas yang sangat signifikan dan jumlah penggunaan kendaraan bermotor pribadi lebih banyak dibandingkan penggunaan angkutan umum.

Penyelenggaraan angkutan umum khususnya angkutan orang dan pariwisata merupakan komponen yang sangat penting dalam penyebaran pergerakan orang dan jasa dari satu tempat ke tempat lainnya di seluruh wilayah kota Denpasar yang terintegrasi dengan kabupaten/kota lainnya yang ada di Bali. Hal ini disampaikan Sekda Alit Wiradana saat membacakan sambutan Wali Kota Denpasar secara tertulis.

Baca Juga :  Teach4Hope Bersama Timedoor Academy Hadirkan Beasiswa Pelatihan Kerja Gratis Bidang IT di Denpasar

Beberapa hal mendasar yang masih perlu ditangani dengan baik adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan penggunaan angkutan umum serta kualitas pelayanaan angkutan umum yang perlu terus kita tingkatkan.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan Pasal 254 Ayat (1) yang Mewajibkan pemerintah dan pemerintah daerah memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan dan pelatihan bagi tenaga mekanik dan pengemudi, maka saya sangat mengapresiasi kegiatan pemilihan Abdiyasa teladan tahun 2023 dan berharap kepada seluruh stakeholder penyelenggaraan angkutan umum seperti para operator, pengemudi agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa angkutan umum serta bersama-sama mewujudkan keselamatan lalu-lintas dan angkutan jalan.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Rakor Pengamanan dan Deklarasi Damai Hari Suci Nyepi Caka 1946

Diharapkan pelaksanaan pemilihan Abdiyasa teladan ini yang dapat melahirkan insan awak kendaraan angkutan umum yang unggul yaitu memahami tata cara dan budaya berlalu lintas tertib, serta berperilaku sopan santun, dan mampu menggerakkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum sebagai sarana transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada kesempatan ini saya wajib mengingatkan panitia dan peserta bahwa agar dapat mengimplementasikan spirit vasudhaiva kutumbakam (selalu menyama braya), gotong-royong, dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum di kota Denpasar.

Sementara Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan mengatakan, Untuk Tema Abdi Yasa Teladan Tahun 2023. Dengan Spirit Vasudhaiva Kutumbakam Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Angkutan Umum. Dimana Pelaksanaan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Kota Denpasar ini dilaksanakan melalui ujian tertulis dan hasil penilaian aktivitas pada saat diskusi untuk menetapkan Juara I, II dan III yang sebelumnya diberikan materi oleh beberapa instansi dan organisasi sebagai narasumber seperti, Unsur Satlantas Polresta Denpasar, Unsur Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Unsur Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar, Unsur Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Unsur Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Unsur PT (persero).AK. Jasa Raharja dan Ketua DPC Organda Kota Denpasar.

Baca Juga :  Serangkian DTIK Festival Tahun 2024, Kelurahan Panjer Gelar Sosialisasi Literasi Digital Untuk Masyarakat

Adapun Peserta Abdi Yasa Teladan Tahun 2023 adalah dari Taksi Ngurah Rai Kota Denpasar, Pawiba, PO. Damri, Koperasi Jasa Kertha Margi Utama dan PT Satria Trans Jaya dengan jumlah peserta 50 orang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News