hut bangli
Rangkaian HUT Ke-819 Bangli Ditutup dengan Penampilan Drama Gong ‘Legend’. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Rangkaian Hari Ulang Tahun ke-819 Bangli berjalan dengan semarak. Dengan mengusung tema ‘Bangli Jengah’ beberapa kegiatan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli di bawah kepemimpinan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakik Bupati Bangli, I Wayan Diar.

Melibatkan seluruh stakeholder dan masyarakat, Bangli HUT ke-819 Bangli berlangsung sebulan penuh yang diisi dengan beberapa kegiatan seperti parade budaya, festival musik dengan mendatangkan group band lokal Bangli, band Bali serta artis nasional, stand food, UMKM dan lomba-lomba yang diikuti siswa TK, SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Bangli. Selain itu para Yowana/STT se-Kabupaten Bangli juga terlibat dalam lomba penjor kreasi, dan lomba miniatur serta sketsa ogoh-ogoh se-Bali.

Rangkain acara HUT ke-819 Bangli ditutup secara resmi oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, bertempat di Alun-alun Bangli pada Minggu (28/5/2023). Acara penutupan dirangkaikan dengan penyerahkan piagam serta piala kepada seluruh pemenang lomba dalam rangkaian HUT ke-819 Bangli.

Acara semakin hangat karena pada sesi terakhir masyarakat disuguhkan penampilan drama gong legend dari sekeha drama gong Sancaya Era Baru. Pementasan drama gong yang sempat vakum tersebut akhirnya kembali dipentaskan pada malam penutupan HUT ke-819 Bangli.

Baca Juga :  Queen Athena Rilis Film “Putaran Ketiga”, Angkat Kisah dari Arwah yang Ditemuinya

Ribuan penonton hadir untuk menyaksikan pementasan drama gong, gelak tawa serta tepuk tangan penonton terdengar jelas ketika mengikuti alur cerita serta lelucon yang dipersembahkan oleh skeha drama gong Sancaya Era Baru yang digawangi oleh Petruk, Perak dan kawan-kawan.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengapresiasi penampilan drama gong legend yang diperankan oleh seniman drama gong legend asal Bangli. Dalam kesempatan tersebut Bupati Bangli diberi kehormatan untuk membacakan prolog sebagai pembuka pementasan drama gong legend Bangli.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka DTIK Fest 2024, Jadi Wahana Edukasi Tingkatkan Jejaring dan Kolaborasi

Dalam malam penutupan HUT ke-819 Bangli, Bupati Bangli mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang bertugas, Rise of Bangli sebagai tim kreatif, seluruh ASN di lingkungan Pemkab. Bangli serta seluruh lapisan masyarakat Bangli yang telah bahu membahu bergotong royong untuk kelancaran seluruh rangkaian HUT ke-819 Bangli.

hut bangli
Rangkaian HUT Ke-819 Bangli Ditutup dengan Penampilan Drama Gong ‘Legend’. Sumber Foto : Istimewa

“Melalui perayaan HUT ke-819 Bangli, akan tumbuh rasa jengah dari seluruh lapisan masyarakat Bangli dalam rangka mewujudkan visi Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli Menuju Bangli Era Baru,” harap Sedana Arta.

Baca Juga :  Wali Kota Denpasar, Apresiasi Keterlibatan AMSI Bali Pada Pameran DTIK Festival 2024

Sementara itu, salah satu seniman drama gong legend Bangli, Sang Ketut Arka (Perak) dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli di bawah kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar, karena seniman drama gong legend Bangli masih diberikan kesempatan untuk tampil menghibur masyarakat Bangli.

Seniman asal Desa Tamanbali yang sudah mengawali karir seninya sejak tahun 1980 ini berharap, untuk ke depannya agar selalu diberikan ruang untuk tampil dalam pelestarian seni drama gong, serta masyarakat khususnya generasi muda, agar menjaga dan mencintai seni drama gong sebagai bentuk pelestarian budaya Bali. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News