Safari Kesehatan
Pemkot Denpasar Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Safari Kesehatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya terus mengoptimalkan serta meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat mulai dari lapisan terbawah dan memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara rutin, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersinergi dengan Yayasan Kemanusian Bali, RSUD Wangaya, Rumah Sakit Ramata dan Puskesmas 2 Denpasar Timur kembali melaksanakan kegiatan Safari Kesehatan keliling. Pelaksanaan Safari Kesehatan kali ini direview langsung Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Sabtu (13/5/2023) wantilan Pura Pengerebongan Desa Kesiman Petilan, Denpasar Timur.

Selain menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, safari kesehatan juga menjadi wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat, yang mana safari kesehatan kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-235 tahun Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pj Gubernur Mahendra Jaya Buka Musrenbang RPJPD Provinsi Bali Tahun 2025-2045 dan RKPD Provinsi Bali Tahun 2025

Tidak sekedar meninjau, dalam Safari Kesehatan tersebut Wali Kota Jaya Negara juga ikut membantu seorang lansia yakni kakek berumur 110 tahun yang tergolong masih sehat seusianya untuk memeriksa penglihatan mata. Pada kesempatan tersebut Jaya Negara mengimbau agar masyarakat memanfaatkan Safari kesehatan tersebut.

“Saya mengharapkan seluruh masyarakat memanfaatkan Safari Kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat, seperti Kakek yang berumur 110 ini, beliau masih bisa berjalan, cuma pengelihatan mata sebelah kiri saja yang agak buram karena katarak, masih bisa datang untuk mengecek kesehatanya di safari kesehatan ini, saya sangat salut dan mengapresiasi. Untuk itu Pemkot Denpasar terus memprogramkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Jaya Negara.

Menurutnya, dalam Safari Kesehatan ini berbagai pelayanan kesehatan di berikan mulai dari pengobatan penyakit menular hingga tidak menular sampai operasi mata katarak. Selain itu pelayanan kesehatan menurut masyarakat Jaya Negara juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan. Dengan demikian masyarakat secara tidak langsung bisa menjaga kesehatannya.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. A.A Ayu Agung Candrawati menambahkan, Safari Kesehatan kali ini ada pemeriksaan mata secara umum, obat-obatan gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar gratis, dan bantuan operasi katarak secara gratis, fisioterapi, dan vaksin booster gratis.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024

Ia menjelaskan, RS Ramata dalam kegiatan ini membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mata. Sedangkan Yayasan Kemanusian Bali memberikan pelayanan terkait dengan gangguan fisik seperti stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, cerebral palsy dan gangguan tubuh kembang pada anak.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, ia mengaku di Safari Kesehatan ini diminta juga memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat bisa menjaga kesehatannya dan menjaga pola hidup dan pola makan.

“Untuk operasi mata katarak kami melakukan screening termasuk pemberian kacamata dan pemberian obat-obatan, nanti jika ditemukan katarak, maka akan dijadwalkan untuk operasi katarak secara gratis,” katanya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Buka Baligivation 2024, Event Akselerasi Digitalisasi dan Perkuat Perlindungan Konsumen Bali

Salah satu warga, Nyoman Kinil (110 tahun) mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar karena telah melaksanakan Safari Kesehatan ini, terutama Bapak Wali Kota yang sudah peduli dengan kesehatan masyarakat terutama lansia seperti saya.

“Dengan Safari Kesehatan ini masyarakat bisa mengecek kesehatannya tanpa menunggu lama serta tidak perlu pergi ke rumah sakit. Saya mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News