PDI-P
Pementasan seni beladiri Si Tembak dalam acara pendaftaran Bacaleg dari PDI-Perjuangan di depan pintu masuk KPU Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemilihan legislatif (Pileg) 2024 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Buleleng memiliki target meraih sebanyak tujuh kursi tambahan khusunya untuk di DPRD Kabupaten.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Ketua DPC PDIP Kabupaten Buleleng, Putu Agus Suradnyana usai pendaftaran Bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Kamis (11/5/2023).

Agus mengatakan, dari 45 Bacaleg yang resmi didaftarkan, PDI Perjuangan targetkan ada tambahan lagi tujuh kursi dari jumlah kursi yang sudah didapatkan pada Pileg sebelumnya. Apalagi dari total yang sudah didaftarkan terdapat 27 orang newcomer serta ada 18 orang incumbent yang siap bertarung dalam perebutan kursi di Pileg 2024.

Politisi yang kerap disapa PAS tersebut bahkan menegaskan, jika semua Bacaleg yang didaftarkan ke KPU Buleleng tidak dipilih melainkan hasil dari pendaftaran langsung ke partai yang sudah sesuai persyaratan yang disediakan. Sehingga dirinya optimis dengan kualitas Bacaleg yang ada akan bisa menambah kursi.

Baca Juga :  Minum Wine Bisa Cegah Kanker? Ini Dia Bulde Wine!

“Kita tidak memilih atau mengajak tetapi mereka mendaftar dan persyaratan sudah ada. Target (jumlah kursi, red) lebih dari yang lalu naik lagi tujuh, mudah-mudahan bisa,” harapnya.

Disinggung terkait kuota perempuan yang lebih dari 30%, Agus menyampaikan bahwa kuota 40% yang melebihi dari syarat tidak lain sebagai langkah untuk mengakomodasi isu gender dalam proses pencalonan. Bahkan dirinya menampik jika dengan kuota lebih dari 30% adalah permintaan khusus.

Kemudian untuk strategi pada Pileg 2024 pihaknya mengaku sudah memiliki sistem atau model dan strategi yang dipersiapkan bersama di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) termasuk untuk di Wilayah Kecamatan Banjar. Namun dirinya enggan untuk mengungkapkan apa saja strategi yang sudah dipersiapkan.

“Saya rasa jika semua bekerja tidak ada yang berat. Kita optimis terus untuk tetap jalan yang jelas semua petugas partai kita akan kita mantapkan,” terangnya.

Di sisi lain, Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan sudah menerima langsung pengajuan Bacaleg dari PDI Perjuangan. Kemudian untuk semua berkas yang dibawa sudah disinkronkan dengan SILON dan hasilnya dinyatakan sinkron. Bahkan pihaknya juga sudah memberikan tanda terima sekaligus berita acara tentang pengajuan Bacaleg dari PDI Perjuangan.

“Tidak ada revisi dari PDI Perjuangan, sudah lengkap. Semua sesuai surat yang sudah dilayangkan, selanjutnya kita menunggu Partai Nasdem dan PKS yang juga akan mendaftarkan Bacalegnya. Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan lancar,” singkat dia.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News